facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pertama di Jatim, 4 Warga Malang Dicurigai Positif Omicron Sebab Hasil PCR Banyak Virusnya

Muhammad Taufiq Senin, 27 Desember 2021 | 12:10 WIB

Pertama di Jatim, 4 Warga Malang Dicurigai Positif Omicron Sebab Hasil PCR Banyak Virusnya
Ilustrasi Varian Omicron (Pixabay)

Kabar mengejutkan datang dari Kabupaten Malang Jawa Timur ( Jatim ). Ada empat orang di sana yang saat ini dicurigai terpapar varian baru Omicron.

SuaraJatim.id - Kabar mengejutkan datang dari Kabupaten Malang Jawa Timur ( Jatim ). Ada empat orang di sana yang saat ini dicurigai terpapar varian baru Omicron.

Untuk memastikannya, hasil PCR mereka sedang dikirim ke Laboratorium Unair di Kota Surabaya untuk diteliti lebih lanjut sebab dari hasil sementara ini menunjukkan tanda-tanda banyak virusnya.

Dijelaskan Kepala Kepala Dinas Kesehatan setempat, Arbani Mukti Wibowo, mereka adalah sopir antar kota. Domisili mereka sendiri berada di Kecamatan Turen dan Kecamaran Kalipare Kabupaten Malang.

"Satu di Turen dan tiga di Kalipare," katanya sambil menegaskan kalau keempatnya kini sudah dalam perawatan. Beberapa ada yang dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: Selama 2021, Ada 44 Ribu Orang Kabupaten Malang Selamat dari Penggunaan Narkoba

Arbani melanjutkan, kecurigaan itu ditengarai karena dua faktor. Pertama, karena keempatnya pernah melakukan perjalanan luar kota.

"Dan yang kedua itu hasil sample PCRnya CT (CT Value Covid-19) nya di bawah 25 dan jadi banyak virus. Oleh karena itu kami curigai," kata dia, Senin (27/12/2021).

Arbani pun telah menyerahkan hasil PCR empat orang tersebut ke laboratorium RS Unair di Surabaya. Dijelaskannya, laboratorium di Kabupaten Malang belum mampu mendeteksi varian terbaru Covid-19 dari benua Afrika itu.

"Kami belum ada (alatnya), kompetensi (Sumber Daya Manusia) belum bisa memang. Yang bisa di Jawa Timur ini cuma RS Unair saja. Makannya kerjasama antara lab RS Kanjuruhan bersama lab RS Unair," katanya.

Untuk hasil deteksinya sendiri, Arbani belum tahu kapan. "Belum tahu itu RS Unair yang menentukan," katanya.

Baca Juga: 4 Warga Kabupaten Malang Dicurigai Positif Tertular Varian Omicron

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait