facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Doa Nabi Yunus, Memiliki Keistimewaan dan Manfaat Luar Biasa

Pebriansyah Ariefana Senin, 03 Januari 2022 | 12:01 WIB

Bacaan Doa Nabi Yunus, Memiliki Keistimewaan dan Manfaat Luar Biasa
Ilustrasi Berdoa, doa. [Envato Elements]

Manusia tentunya diuji dengan berbagai permasalahan.

SuaraJatim.id - Seperti apa doa Nabi Yunus? Banyak sekali doa-doa dari para Nabi yang akan membantu kita untuk menjalani hidup yang lebih baik.

Manusia tentunya diuji dengan berbagai permasalahan. Menurut Psychology Today, ada banyak tantangan yang akan menguji keberanian emosional seseorang, misalnya penyakit, rasa sakit, pekerjaan, kesedihan, rasa takut, perceraian, bahkan kematian.

Dibutuhkan banyak keberanian untuk dapat melaluinya dengan baik. Namun, jika masih berada dalam keterbatasan akal, pikiran buntu, hati yang gundah, maka sudah saatnya untuk memanjatkan doa yang penuh harap kepada Allah SWT.

Ternyata, masalah besar pernah dihadapi juga oleh seorang Nabi, yaitu oleh Nabi Yunus. Saat Nabi Yunus ditelan ikan besar, beliau merasakan kesulitan yang sangat berat, yakni merasakan gelapnya dalam perut ikan dan kesulitan bernafas, serta gelapnya di dalam lautan dan tidak mampu melihat apa-apa.

Baca Juga: Hakikat, Keutamaan, dan Pelafalan Doa Awal Tahun Bagi Umat Muslim

Saat itu, Nabi Yunus berdoa dengan sangat khusyuk kepada Allah. Selain itu, beliau juga banyak berdzikir selama berada di dalam perut ikan.

Beliau berpasrah diri bahwa ini semua adalah ujian dalam jalan dakwahnya yang harus dihadapi. Lantas, Bagaiman doa Nabi Yunus? Berikut penjelasannya.

1. Doa Nabi Yunus

Lailaha illa anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin

Artinya :”Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.”

Baca Juga: Apa itu Amalan Jariyah? Amalan yang Tidak Terputus Meski Ajal Memanggil

2. Pengertian Doa Nabi Yunus

Nabi Yunus pernah menghadapi cobaan berat, yakni ditelan ikan paus. Selama berada di dalam perut ikan Paus, Nabi Yunus tak henti-hentinya memanjatkan doa.

Doa inilah yang dikenal sebagai doa Nabi Yunus atau Dzun Nuun. Nabi Yunus tak henti-hentinya memanjatkan doa kepada Allah SWT agar menyelamatkannya dari perut ikan paus.

3. Keutamaan Doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus merupakan bentuk pengakuan manusia atas dosa-dosa yang dilakukan serta mengakui kekuatan Allah SWT sebagai Tuhan yang Maha Esa. Di dalam doa tersebut, terdapat tiga keistimewaan, yakni, Pengakuan tauhid, percaya keagungan Allah SWT, Pengakuan atas dosa yang dilakukan dan Permohonan ampun kepada Allah SWT.

4. Manfaat Doa Nabi Yunus

Selain memiliki keistimewaan, doa Nabi Yunus juga dikenal sangat diijabah Allah SWT. Rasulullah SAW mengungkapkan betapa hebatnya doa Nabi Yunus ini dalam sabdanya yang berbunyi sebagai berikut:

“Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika berdoa dalam perut ikan paus adalah : “Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin”.

Artinya :”Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.”

Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.”(H.R.At-Tirmidzi).

Itulah tadi bacaan doa Nabi Yunus lengkap dengan keistimewaan dan manfaatnya.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait