facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Puasa Ayyamul Bidh 2022, Niat Puasa, Jadwal dan Tata Cara

Pebriansyah Ariefana Kamis, 13 Januari 2022 | 16:30 WIB

Puasa Ayyamul Bidh 2022, Niat Puasa, Jadwal dan Tata Cara
ilustrasi puasa (Shutterstock)

Puasa ini disunnahkan dan nilainya terhitung seperti puasa tahunan karena amalnya dalam Islam diganjar sepuluh kali lipat.

SuaraJatim.id - Kapan Puasa Ayyamul Bidh 2022? Puasa Ayyamul Bidh Januari 2022 jatuh pada 13, 14, 15 Jumadil Akhir 1442, tepatnya tanggal 16-18 Januari 2022.

Puasa ini disunnahkan dan nilainya terhitung seperti puasa tahunan karena amalnya dalam Islam diganjar sepuluh kali lipat.

Berpuasa setiap hari diganjar seperti puasa sepuluh hari sehingga siapa pun yang berpuasa tiga hari setiap bulannya, terhitung berpuasa setahun penuh.

Puasa Ayyamul Bidh Januari 2022 termasuk puasa pertengahan bulan Hijriah berdasarkan kalender Qamariyah atau pada 13, 14, dan 15 di setiap bulan Hijriah, kecuali Hari Tasyrik pada 13 Dzulhijjah.

Baca Juga: 7 Peserta India Open 2022 Terkonfirmasi Positif COVID-19

Niat puasa Ayyamul Bidh

Nawaitu shauma ayyaamal bidh sunnatan lillaahi Ta'ala.

Artinya: "Saya niat puasa pada hari-hari putih, sunnah karena Allah ta'ala."

Tata cara puasa Ayyamul Bidh

Dalam bukunya, Koleksi Doa dan Zikir Sepanjang Masa, Ustadz Ali Amrin al-Qurawy menjelaskan, tata cara puasa ini sama seperti puasa-puasa lain yang diawali dengan niat.

Baca Juga: Hari Gerakan Sejuta Pohon 2022: Penanaman Lebih dari 3000 Mangrove untuk Hijaukan Bumi

Selain itu, perlu mencegah diri dari semua hal yang dapat membatalkan puasa. Boleh berpuasa tiga hari secara berturut-turut atau hanya dua hari lalu satu hari dilanjutkan pada hari lain.

Tidak ada ketetapan yang mengharuskan untuk dilakukan tiga hari berturut-turut. Puasa sunnah tiga hari ini tidak mensyaratkan mutatabi’ah sebagaimana puasa kafarat saat seseorang melakukan hubungan seksual siang hari di bulan Ramadhan.

Demikian penjelasan niat puasa Ayyamul Bidh, jadwal puasa Ayyamul Bidh dan tata cara puasa Ayyamul Bidh.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait