alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Sholawat Nabi untuk Ibu Hamil Sambil Letakkan tangan di Atas Perut, Baca Surat Ad Dahr Tiap Kamis dan Jumat

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 14 Januari 2022 | 18:05 WIB

Bacaan Sholawat Nabi untuk Ibu Hamil Sambil Letakkan tangan di Atas Perut, Baca Surat Ad Dahr Tiap Kamis dan Jumat
Ilustrasi Pengantin Wanita Hamil (Pexels/freestocks.org)

Wanita yang sedang memasuki kehamilan bulan ke-4 disunnahkan untuk membaca surat Ad Dahr setiap hari Kamis dan Jumat.

SuaraJatim.id - Saat bayi di dalam kandungan perlu juga diberi tahu tentang Islam, salah satunya dengan bersholawat. Ada bacaan sholawat Nabi untuk ibu hamil yang memberikan manfaat besar. Bahkan Islam memuliakan ibu hamil layaknya orang yang tengah berjihad.

Diriwayatkan oleh Ibn Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Wanita yang hamil dan melahirkan lalu menyusui akan mendapatkan pahala seperti orang yang berjihad di jalan Allah. Jika ia meninggal dunia di sela-sela masa itu, maka wanita tersebut akan mendapatkan pahala syahid".

Melansir dari buku Doa dan Zikir Khusus Wanita karya Muhammad Alcaff, wanita yang sedang memasuki kehamilan bulan ke-4 disunnahkan untuk membaca surat Ad Dahr setiap hari Kamis dan Jumat.

Baca Juga: OOTD Ibu Hamil ala Aurel Hermansyah Bikin Geleng-Geleng Kepala, Simpel Banget tapi Ternyata Tembus Rp400 Juta

Selain itu, ibu hamil juga dapat membaca surat Al Qadr dalam seluruh bacaan sholatnya atau pun saat meletakkan tangan di atas perut.

Bacaan sholawat nabi untuk ibu hamil mengandung banyak sekali keutamaan, jika rutin dibaca setiap saat.

Syafaat yang dijanjikan oleh Rasulullah SAW bagi orang-orang yang senantiasa bersholawat kepadanya.

Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW

"Allahumma shalli alaa Muhammadinin 'abdika wa rosulika nabiyyil ummi wa'alaa aalihii wa sallim"

Baca Juga: Pentingnya Mengamalkan Sholawat Nabi untuk Ibu Hamil

Yang artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, hambaMu, nabiMu, dan utusanmu yang ummi serta limpahkan pada keluarganya dan sahabatnya, juga limpahkan salam atas mereka".

Bacaan sholawat ini sangat baik diamalkan setiap saat, termasuk bagi para ibu hamil. Selain membaca sholawat nabi, ibu hamil sebaiknya membaca doa berikut ini:

"Falammaa wa dho'atha qolat robbi innii wa dho'tuha untsaa walloohu 'alamu bima wadhoat walaisadz dzakaru kal unstaa wainnii sammaituha maryama wa innii u'idzuha bika wadzurriyyataha minasy syaitoonirrojiimi"

Yang artinya: "Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: 'Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu, dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk", (QS Al-Imran: 36).

Demikian pembahasan sholawat nabi untuk ibu hamil dan tata caranya.

(Rishna Maulina Pratama)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait