facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waktu Terbaik Baca Surat Yasin, Benarkah saat Malam Jumat?

Pebriansyah Ariefana Kamis, 20 Januari 2022 | 18:43 WIB

Waktu Terbaik Baca Surat Yasin, Benarkah saat Malam Jumat?
Surah Yasin / Surat Yasin (ist)

Salah satu amalan yang umum dilaksanakan sejumlah umat Muslim pada malam Jumat adalah membaca surat Yasin dan surat Al-Kahfi.

SuaraJatim.id - Waktu terbaik baca Surat Yasin, apakah benar saat malam Jumat? Terdapat sejumlah surat Al-Quran yang dianjurkan untuk dibaca pada waktu-waktu tertentu, apakah malam Jumat merupakan waktu terbaik untuk membaca surat Yasin?

Salah satu amalan yang umum dilaksanakan sejumlah umat Muslim pada malam Jumat adalah membaca surat Yasin dan surat Al-Kahfi.

Dikutip dari AyoBandung, keutamaan membaca surat Yasin ditegaskan dalam hadits Riwayat Abu Daud sebagai berikut:

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

Baca Juga: Doa Setelah Membaca Al Quran Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Al-Manawi menegaskan bahwa hadits ini tergolong hadits yang sanadnya terputus.

Berikut ini bunyi statemen Al-Manawi dalam kitabnya, Faydl Al Qadir, komentar atas kitab al-Jami’ al-Shaghir:

“Ketahuilah bahwa yang terlintas di pikiran banyak orang, bahwa tidak ada bacaan yang dianjurkan di malam Jumat kecuali surat Al-Kahfi, membacanya sudah menjadi amaliah di beberapa surau dan madrasah. Anggapan demikian tidak benar. Sesungguhnya terdapat beberapa hadits tentang anjuran membaca surat selain Al-Kahfi di malam dan hari Jumat. Di antaranya hadits Riwayat al-Taimi dalam kitab al-Targhib, barangsiapa membaca surat al-Baqarah dan Ali Imran di malam Jumat, ia mendapat pahala sebesar sesuatu di antara bumi ketujuh dan langit ketujuh. Ini adalah hadits yang aneh dan sangat lemah. Dan hadits Imam Abu Daud dari Al-Habr, barangsiapa membaca surat Yasin di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya, di dalam hadits ini terdapat sanad yang terputus.” (Abdul Ra’uf al-Manawi, Faydl al-Qadir, juz 6, hal. 258).

NU menegaskan, yang paling umum diterangkan dalam kitab-kitab fiqih dan hadits adalah anjuran dan keutamaan membaca surat Al-Kahfi, baik itu di hari atau malam Jumat.

Dalil hadits keutamaan membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat cukup banyak dan beberapa di antaranya mencapai derajat hadits shahih.

Baca Juga: Amalam Malam Jumat: Baca Al Ikhlas 100 X, Sholawat Nabi 100 X, Dzikir 70 X, Tasbih 100 X, Bukan Hanya Baca Surat Yasin

Meskipun kualitas sanad hadits tentang malam Jumat adalah waktu terbaik untuk membaca surat Yasin ini tergolong lemah, namun tetap dianjurkan dapat mengamalkan isi kandungannya asalkan bukan tergolong hadits maudlu (palsu).

Demikian waktu terbaik baca Surat Yasin.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait