facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kamu Putus Asa dalam Berdoa? Mungkin Ini Penyebab Doa Tidak Dikabulkan

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 28 Januari 2022 | 16:38 WIB

Kamu Putus Asa dalam Berdoa? Mungkin Ini Penyebab Doa Tidak Dikabulkan
Ilustrasi berdoa, Doa Sapu Jagat (Freepik)

Pada dasarnya, Allah akan mengabulkan semua doa. Namun ada hal yang menyebabkan doa Anda tidak dikabulkan.

SuaraJatim.id - Berikut ini penyebab doa tidak dikabulkan. Apakah anda mencari jawaban yang sama? Kenapa doa tidak dikabulkan?

Pada dasarnya, Allah akan mengabulkan semua doa. Namun ada hal yang menyebabkan doa Anda tidak dikabulkan.

Berikut dafar peyebab doa tidak dikabulkan dikutip dari Muslima:

1. Hati yang kosong

Baca Juga: Bacaan Lengkap Doa Qunut Subuh, Qunut Witir dan Qunut Nazilah

Berdoa dengan hati yang kosong dan tidak penuh keyakinan menjadi penyebab tidak terkabulkannya doa. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda :

“Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (H.R. At-Tirmidzi)

2. Meninggalkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Disaat kita sedang melalaikan segala perbuatan baik yang sesuai dengan syariat, maka akan tidak terkabulkannya doa karena apa yang telah kita lakukan itu hanyalah dosa. Dari Hudzaifah Al Yaman dari Rasulullah SAW bersabda:

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangannya, hendaknya kalian beramar ma’ruf dan nahi munkar atau jika tidak niscaya Allah akan mengirimkan siksa-NYa dari sisi-Nya kepada kalian, kemudian kalian memohon kepada-Nya namun do’a kalian tidak lagi dikabulkan.” (H.R. At-Tirmidzi)

Baca Juga: Penjelasan Shalat Subuh, Tata Cara, Beserta Bacaan Doa Qunut Sebelum Sujud

Ketika doa yang telah kita panjatkan malah tidak dikabulkan oleh Allah SWT, maka itu menjadi bahan untuk introspeksi bagi diri sendiri.

3. Berdoa untuk sesuatu yang tidak baik

Allah SWT tidak akan mengabulkan doa seorang hamba yang isinya adalah sesuatu yang berupa dosa atau untuk memutus silaturahmi. Sebagaimana dalam hadits, dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk perbuatan dosa ataupun untuk memutuskan tali silaturahim dan tidak tergesa-gesa.” Seorang sahabat bertanya; ‘Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan tergesa-gesa? ‘ Rasulullah Saw menjawab: ‘Yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila orang yang berdoa itu mengatakan; ‘Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan’. Setelah itu, ia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi.” (H.R.Muslim)

Semikian pembahasan penyebab doa tidak dikabulkan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait