facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dinkes Ponorogo: 5.570 Vaksin AstraZeneca Kedaluwarsa

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 03 Maret 2022 | 06:30 WIB

Dinkes Ponorogo: 5.570 Vaksin AstraZeneca Kedaluwarsa
Ilustrasi Vaksin AstraZeneca. [ANTARA]

Dinas Kesehatan Ponorogo, Jawa Timur menyatakan sebanyak 5.570 dosis vaksin Covid-19 jenis Astrazeneca telag kedaluwarsa.

SuaraJatim.id - Dinas Kesehatan Ponorogo, Jawa Timur menyatakan sebanyak 5.570  dosis vaksin Covid-19 jenis Astrazeneca telag kedaluwarsa.

Kabid Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Ponorogo Meitha Ferdiana Putri mengatakan, ribuan dosis vaksin telah kedaluwarsa pada 22 Februari 2022 dan sebanyak 100 dosis kedaluwarsa pada 28 Februari 2022.

"Vaksin yang sudah kedaluarsa tersebut saat ini masih tersimpan di gudang farmakes," ucapnya seperti diberitakan Timesindonesia.co.id, Rabu (2/3/2022).

Ia melanjutan, vaksin Astrazeneca yang kedaluwarsa tersebut baru pertama kali terjadi di Ponorogo. Ribuan dosis vaksin yang kedaluwarsa tersebut karena peminatnya sedikit.

Baca Juga: Dinkes Ponorogo Tak Berhasil Habiskan Jatah Vaksin AstraZeneca, Ribuan Dosis Kedaluwarsa

"Karena efek samping Astrazeneca atau kejadian ikutan paska imunisasi (KIPI)-nya lumayan. Sedangkan di lapangan penggunaan vaksin jenis Astrazeneka kurang maksimal," jelasnya.

Kekinian, Dinkes Ponorogo masih menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi terkait vaksin yang kedaluwarsa.

"Sebelumnya juga pernah ada vaksin yang kedaluwasra jenis Sinoparm. Tapi memang kedaluarsa itu karena masa aktifnya yang pendek dan jumlahnya sedikit," kata Meitha Ferdiana Putri, Kabid Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait