facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Urai Kemacetan Arus Balik Lebaran di Ruas Jalan Probolinggo-Lumajang, Polisi Siapkan Jalur Alternatif

Erick Tanjung Jum'at, 06 Mei 2022 | 21:59 WIB

Urai Kemacetan Arus Balik Lebaran di Ruas Jalan Probolinggo-Lumajang, Polisi Siapkan Jalur Alternatif
Arus balik di jalan penghubung jalur selatan Jateng menuju jalur Pantura tersendat di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jumat (6/5/2022) malam. ANTARA/Sumarwoto

"Saat arus balik Lebaran 2022 terjadi beberapa kepadatan arus lalu lintas di jalur selatan Lumajang-Probolinggo," ujar Teuku Arsya.

SuaraJatim.id - Aparat kepolisian menyiapkan jalur alternatif untuk mengurai kemacetan dan mengurangi titik kepadatan arus balik Lebaran di jalur selatan Kabupaten Probolinggo-Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Saat arus balik Lebaran 2022 terjadi beberapa kepadatan arus lalu lintas di jalur selatan Lumajang-Probolinggo, sehingga kami melakukan koordinasi lintas sektoral dengan Polres Lumajang," kata Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi dalam keterangan tertulis, Jumat (6/5/2022).

Teuku Arsya dan Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka turun langsung ke lokasi jalur selatan yang mengarah ke Lumajang dan Probolinggo yang berjalan melambat karena peningkatan volume kendaraan.

"Beberapa hal yang menjadi penyebab kepadatan di antaranya adanya perlintasan rel kereta api sehingga lajur pengemudi diperlambat serta volume kendaraan yang meningkat selama arus balik Lebaran 2022," tuturnya.

Baca Juga: Lalu Lintas di Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Kayuagung-Palembang Lancar

Menurut dia, koordinasi lintas sektoral perlu dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi beberapa titik kepadatan kendaraan selama arus balik Lebaran 2022 di dua kabupaten tersebut.

"Terjadi beberapa kepadatan arus lalu lintas di jalur selatan Lumajang-Probolinggo. Hal itu disebabkan tidak hanya karena peningkatan volume kendaraan melainkan juga terjadi penyempitan jalur dari arah Lumajang menuju Probolinggo," katanya.

Untuk mengurangi kepadatan titik arus balik tersebut, kepolisian telah menyiapkan jalur alternatif untuk para pemudik yang mengarah ke timur yaitu berbelok dari Pos Malasan yang nantinya mengarah ke Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo.

"Jalur alternatif yang kami siapkan dapat memberikan kesempatan untuk para pemudik keluar di Dringu dan nantinya dapat menggunakan jalur tol Probolinggo Timur maupun jalur tol Probolinggo Barat sehingga nantinya mereka tidak perlu berlama-lama dalam kepadatan kendaraan," ujarnya.

Sementara Dewa Putu Eka mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kapolres Probolinggo demi kenyamanan masyarakat selama melaksanakan arus mudik-balik Lebaran.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, Kapolri: SkemaOne Way dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Tol Cikampek Berjalan Lancar

"Kami terus berkoordinasi dengan Kapolres Probolinggo terutama pada titik-titik kepadatan arus lalu lintas, kami telah menempatkan beberapa personel untuk memperlancar arus lalu lintas," katanya. (Antara)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait