facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Update: Kasus Aktif Covid-19 di Madura Sisa Satu Orang

Erick Tanjung Jum'at, 13 Mei 2022 | 20:04 WIB

Update: Kasus Aktif Covid-19 di Madura Sisa Satu Orang
Ilustrasi pasien Covid-19 ditangani tenaga kesehatan (Nakes). [Istimewa]

"Dua pekan lalu, penderita kasus aktif COVID-19 di Pamekasan ini sebanyak dua orang, tapi kini tinggal satu orang saja," kata Saifudin.

SuaraJatim.id - Kasus aktif Covid-19 di Pulau Madura, Jawa Timur, kini tinggal satu orang atau berkurang dua orang dibanding data dua pekan sebelumnya.

Berdasarkan data yang dirilis masing-masing Dinas Kesehatan di empat kabupaten di Pulau Madura per tanggal 13 Mei 2022, kasus aktif Covid-19 kini hanya di Kabupaten Pamekasan, sedangkan di tiga kabupaten lain, yakni Bangkalan, Sampang dan Kabupaten Sumenep nihil.

"Dua pekan lalu, penderita kasus aktif COVID-19 di Pamekasan ini sebanyak dua orang, tapi kini tinggal satu orang saja," kata Kepala Dinas Kesehatan Pamekasan Saifudin di Pamekasan, Jumat (13/5/2022).

Sebelumnya pada 4 Mei 2022 tercatat, total jumlah kasus aktif di Kabupaten Pamekasan sebanyak dua orang.

Baca Juga: Terekam CCTV, Aksi Cewek Pemotor di Pasuruan Lihai Embat Handphone di Dashboard Motor Orang

"Alhamdulillah, sekarang tinggal satu orang, dan kami berharap pada akhirnya akan sama seperti tiga kabupaten lain, yakni nihil kasus aktif," ujarnya.

Meski kasus aktif Covid-19 menurun, akan tetapi, penegakan disiplin protokol kesehatan tetap diperketat, bahkan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan oleh petugas gabungan dari unsur polisi, TNI dan Satpol PP Pemkab Pamekasan hingga kini masih digelar.

"Ini untuk mencegah, kita tidak ingin kasus sebelumnya terulang lagi," katanya.

Ia menuturkan, pada 2021, kasus aktif Covid-19 sempat menurun, dan masyarakat mengabaikan penegakan disiplin protokol kesehatan.

"Akhirnya, kasus kembali melonjak hingga rumah sakit penuh, bahkan di RSUD Pamekasan sempat mendirikan tenda untuk menampung pasien. Kami tidak ingin kasus serupa terulang lagi, makanya penegakan disiplin protokol kesehatan tetap diperketat," tuturnya.

Baca Juga: Survei ARCI: PKB Masih Perkasa di Jatim, PDIP Tempel Ketat

Selain di Pamekasan, operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan juga digelar di Kabupaten Sampang, Bangkalan dan Kabupaten Sumenep.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait