facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Operasi Katarak Kini Bisa Sekaligus Sembuhkan Minus, Silinder Hingga Rabun Dekat

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah Selasa, 24 Mei 2022 | 15:34 WIB

Operasi Katarak Kini Bisa Sekaligus Sembuhkan Minus, Silinder Hingga Rabun Dekat
Pasien saat melakukan pemeriksaan pra operasi Katarak di Klinik Mata KMU Gresik. (Dok: Klinik Mata KMU)

Operasi Katarak Phacoemulsification sendiri merupakan salah satu metode operasi Katarak yang terbaru.

SuaraJatim.id - Operasi Katarak adalah tindakan bedah yang merupakan satu-satunya solusi bagi penderita Katarak agar terbebas dari Katarak dan kembali melihat lebih jelas. Tapi siapa sangka, bila dari operasi Katarak, seorang penderita Katarak bisa sekaligus sembuh dari kelainan refraksi (mata minus/silinder/rabun dekat).

Hal ini bisa terjadi, bila penderita Katarak menggunakan prosedur atau tindakan Operasi Katarak Phacoemulsification (tanpa jahit) dengan menggunakan lensa premium atau IOLs Premium. Masyarakat lebih banyak mengenalnya dengan sebutan operasi Katarak Premium.

Dokter Spesialis Mata Klinik Mata KMU, dr. Uyik Unari, SpM(K) menjelaskan, bahwa lensa premium ini adalah lensa tanam diperuntukkan pada operasi Katarak. Sebab, penderita Katarak ini memiliki kelainan pada lensa mata, yakni kekeruhan pada lensa mata.

“Operasi Katarak ini dilakukan untuk mengganti lensa yang keruh dengan lensa tanam yang bisa memperbaiki kualitas lensa dna penglihatan penderita,” tutur perempuan yang juga hobi olahraga ini.

Baca Juga: Canggih, Perusahaan Jepang Berhasil Ciptaan Kacamata yang DIklaim Bantu Atasi Rabun Dekat dan Jauh

Disebutkannya, terdapat 2 jenis lensa tanam yang digunakan untuk operasi Katarak. Yakni, lensa standar dan premium. Secara fungsi, dua jenis lensa ini memiliki kesamaan, yakni membantu penderita Katarak melihat kembali dengan jelas karena sudah mengganti lensa yang tadinya keruh.

Operasi Katarak Bisa Membuat Penderita Bebas Kacamata Minus

Dijelaskan dokter mata asal Gresik ini, Operasi Katarak Phacoemulsification sendiri merupakan salah satu metode operasi Katarak yang terbaru. Dimana tindakan bedah dilakukan tanpa jahitan dan prosesnya berlangsung cepat tanpa menimbulkan rasa nyeri atau tidak nyaman pasca operasi Katarak.

Menurut dokter mata yang berpraktik di Klinik Mata KMU Gresik ini, ketika pasien menggunakan Lensa Premium pada Operasi Kataraknya maka mereka akan mendapat prosedur atau tindakan yang disebut dengan istilah “Operasi Katarak Lebih Dari Harapan”. Dimana pasien mendapatkan manfaat lebih dari Operasi Katarak, yakni: sekaligus menghilangkan kelainan refraksi (minus/silinder/rabun dekat) dengan menggunakan lensa premium atau IOLs Premium.

Keunggulan Lensa Premium/IOLs Premium Pada Operasi Katarak

Baca Juga: Berhasil Tersenyum Sempurna, Pemuda Ini Naik Minibus dan Cari Sebanyak Mungkin Penyandang Bibir Sumbing

dr. Uyik menjelaskan, banyak manfaat yang diberikan oleh lensa premium ini, bila penderita Katarak memilih lensa premium untuk operasi Kataraknya, diantaranya:

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait