facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Polandia Menyabut Baik Keputusan Joe Biden akan Bangun Markas Militer AS di Wilayahnya

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 30 Juni 2022 | 06:40 WIB

Polandia Menyabut Baik Keputusan Joe Biden akan Bangun Markas Militer AS di Wilayahnya
Ilustrasi militer. (Shutterstock).

Polandia telah lama berupaya agar AS membangun pangkalan militer permanen di wilayahnya.

SuaraJatim.id - Keputusan Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk membangun markas militer di Polandia disambut bahagia. Otoritas Polandai mengaku lega dengan komitmen dari AS.

Komitmen Presiden AS Joe Biden untuk mendirikan Markas Besar Angkatan Darat ke-5 di Polandia disebut sebagai mimpi lama yang akhirnya terwujud. Hal itu juga sebagai bentuk sinyal yang jelas ke Rusia.

Biden mengatakan pada pertemuan puncak NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) di Madrid sebelumnya pada Rabu bahwa Amerika Serikat sedang mengubah postur kekuatannya di Eropa untuk menghadapi potensi ancaman baru dari Rusia setelah invasinya ke Ukraina.

Sejak Rusia mencaplok wilayah Krimea milik Ukraina pada 2014, Polandia memandang peningkatan pasukan NATO di sayap timur aliansi Barat itu sebagai langkah penting untuk memastikan keamanan Eropa tengah dalam menghadapi peningkatan agresivitas Rusia.

Baca Juga: Truk Trailer Angkut Migran Lintasi Rute Populer Penyelundupan Manusia, Puluhan Penumpang Ditemukan Tak Bernyawa

Polandia telah lama berupaya agar AS membangun pangkalan militer permanen di wilayahnya. 

"Ini adalah kesuksesan yang datang dari negosiasi yang panjang dan konsisten mengenai masalah ini dan, pada saat yang sama, sinyal yang sangat jelas bahwa Amerika bermaksud untuk meningkatkan, bukan mengurangi, kehadiran mereka di Polandia," kata Jakub Kumoch, penasihat kebijakan luar negeri presiden Polandia kepada Reuters.

"Sesuatu yang tampaknya mustahil bagi banyak orang menjadi kenyataan hari ini," tulis Wakil Menteri Luar Negeri Marcin Przydacz di Twitter.

"Kami mewujudkan kehadiran permanen AS di Polandia... Ini juga merupakan sinyal yang jelas bagi Moskow."

Pada 2018, Polandia yang berbatasan dengan Ukraina serta Belarus --sekutu dekat Rusia-- mengusulkan nama pangkalan militer "Fort Trump" (Benteng Trump), untuk menghormati presiden AS saat itu Donald Trump, sebagai imbalan baginya untuk merealisasikan kehadiran permanen pasukan AS di Polandia.

Baca Juga: Membawa Misi Perdamaian ke Ukraina, Jokowi: Semoga Dimudahkan

Namun, "Benteng Trump" tidak terwujud selama Trump menjabat. Antara

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait