facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tokopedia Bersama Dokter Hewan Bagikan Tips Aman Pengolahan Daging Kurban

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah Minggu, 03 Juli 2022 | 22:30 WIB

Tokopedia Bersama Dokter Hewan Bagikan Tips Aman Pengolahan Daging Kurban
Tokopedia Kurban. (Dok: Tokopedia)

Meski daging dibekukan, nutrisi daging akan tetap terjaga dan daging tidak mengalami perubahan kimiawi secara alami.

SuaraJatim.id - Untuk menyambut Idul Adha 2022, Tokopedia melakukan kerja sama dengan Dokter Hewan dan Ahli Kesehatan Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), drh. Denny Widaya Lukman, yang memberikan memberikan 5 tips pemilihan, penyembelihan hingga pengolahan daging hewan kurban, agar bebas penyakit mulut dan kuku (PMK).

Berikut 5 tips tersebut:

1. Ketahui Ciri Hewan dengan PMK

PMK yang cenderung menjangkiti hewan ternak, seperti sapi, kambing, kerbau hingga domba, menimbulkan beberapa gejala. 

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Status Darurat PMK Jelang Hari Raya Kurban

“Gejala tersebut mulai dari sariawan pada mulut, bibir, lidah dan dinding bagian dalam pipi, air liur yang berlebihan serta luka atau lepuh di atas dan celah di antara dua kuku. Selain itu, kuku hewan yang terluka juga dapat terlepas apabila tidak diobati segera,” kata Denny.

2. Pilih Layanan Kurban Online Agar Praktis dan Tetap Amanah 

Masyarakat bisa tetap berkurban secara praktis dan tetap amanah lewat fitur Tokopedia Qurban, yang melibatkan sejumlah lembaga kemanusiaan terpercaya termasuk Dompet Dhuafa, Ecoqurban, BAZNAS, Human Initiative, Inisiatif Zakat Indonesia, Rumah Zakat dan NU CARE-LAZISNU. 

Hewan kurban yang disalurkan oleh lembaga kemanusiaan tersebut juga di bawah pengawasan Dinas Pertanian dan Peternakan, Kementerian Pertanian RI.

“Di Tokopedia Qurban, masyarakat bisa mengetahui status hewan kurban, termasuk sebelum dan sesudah penyembelihan serta pendistribusian daging kurban yang dikirim lewat notifikasi handphone. Sertifikat kurban juga akan dikirim melalui email dan notifikasi sebagai bukti sah,” Regional External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Baca Juga: Wabah PMK Untungkan Pedagang Hewan Kurban Lokal Samarinda

3. Cara Tepat Memotong Hewan Kurban 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait