facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Akupunktur Medis Bisa Tingkatkan Peluang Kehamilan Bagi Pasutri yang Belum Punya Momongan

Muhammad Taufiq Kamis, 28 Juli 2022 | 15:39 WIB

Akupunktur Medis Bisa Tingkatkan Peluang Kehamilan Bagi Pasutri yang Belum Punya Momongan
Akupunktur. (Pixabay)

Sekarang ini dalam dunia medis banyak sekali cara kehamilan untuk membantu pasangan suami istri yang belum dikaruniai momongan.

SuaraJatim.id - Sekarang ini dalam dunia medis banyak sekali cara kehamilan untuk membantu pasangan suami istri yang belum dikaruniai momongan.

Salah satunya program bayi tabung. Namun terbaru ada sebuah metode yang saat ini sedang berkembang di dunia kedokteran untuk memperbesar peluang kehamilan ini, yakni akupunktur medis.

Seperti dijelaskan Dokter spesialis akupunktur Athia Asparini dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Ia mengatakan bahwa pasangan suami istri yang berusaha memiliki keturunan bisa menjalani akupunktur untuk meningkatkan peluang hamil alami maupun bayi tabung (IVF).

"Akupunktur terbukti secara penelitian meningkatkan tingkat kesuksesan terjadinya kehamilan dan meningkatkan keberhasilan kehamilan hingga usia kehamilan aterm," kata Athia dikutip dari Antara, Kamis (28/07/2022).

Baca Juga: 5 Hal yang Sering di Rasakan Ibu Hamil Selama Kehamilan Trimester Pertama

Dalam program hamil, akupunktur bermanfaat dalam meningkatkan mikrosirkulasi darah, pembuluh darah, persarafan pada organ reproduksi. Secara sentral, akupunktur bekerja dalam keseimbangan hormon reproduksi baik untuk suami atau istri.

Akupunktur juga bermanfaat dalam mengurangi stres dan kecemasan yang mempengaruhi sistem reproduksi, serta meningkatkan sistem imunitas.

Pada pria, akupunktur akan memberikan efek pada perbaikan kualitas sperma, baik dari jumlah, pergerakan atau bentuk.

Pada perempuan, efek akupunktur dapat membantu menormalkan siklus haid, mengoptimalkan folikel dan ketebalan dinding rahim di masa subur, sehingga meningkatkan keberhasilan implantasi.

Sebelum menjalankan akupunktur untuk program hamil, pasangan suami istri sebaiknya sudah memeriksakan diri ke dokter kandungan, membawa hasil analisis sperma terbaru setidaknya dalam kurun tiga hingga enam bulan.

Pasangan suami istri bisa datang kapan saja tanpa perlu menunggu masa haid atau menunda karena sedang haid.

Baca Juga: Narapidana Transgender Hamili Dua Tahanan Sekaligus di Penjara

Akupunktur untuk program hamil pada umumnya dilakukan dua kali dalam sepekan sebanyak total terapi 12 kali. Idealnya, akupunktur medik untuk program hamil dilakukan oleh suami dan istri.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait