facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Status Gunung Raung Nail Level, Polres dan BPBD Jember Lakukan Mitigasi

Muhammad Taufiq Sabtu, 30 Juli 2022 | 18:30 WIB

Status Gunung Raung Nail Level, Polres dan BPBD Jember Lakukan Mitigasi
Aktivitas Gunung Raung yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Raung di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (30/7/2022). (ANTARA/HO-PVMBG)

Seiring dengan naiknya status Gunung Raung dari normal (Level I) menjadi waspada (Level II), Kepolisian Jember bersama BPBD setempat telah melakukan mitigasi.

SuaraJatim.id - Seiring dengan naiknya status Gunung Raung dari normal (Level I) menjadi waspada (Level II), Kepolisian Jember bersama BPBD setempat telah melakukan mitigasi.

Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo mengatakan langkah-langkah mitigasi bencana itu yang sudah dilakukan yakin memberikan imbauan kepada warga terdekat untuk tetap waspada terhadap aktivitas Gunung Raung, namun tidak perlu panik berlebihan.

Menurutnya pihak Polres Jember melakukan koordinasi dengan Tim Tagana Desa yang sudah terbentuk relawan BPBD di Desa Slateng, Desa Sumber Salak dan Desa Sumber Bulus untuk selalu waspada terhadap aktivitas Gunung Raung.

"Kami juga melakukan mitigasi terhadap rute atau jalur evakuasi apabila sewaktu waktu intensitas Gunung Raung meningkat, namun sejauh ini belum ada kerugian materiil dari dampak erupsi," katanya dikutip dari ANTARA, Sabtu (30/07/2022).

Baca Juga: Status Gunung Raung Level 2, Masyarakat dan Wisatawan Dilarang Berada di Radius 3 Kilometer

Erupsi Gunung Raung pada Rabu (27/7) sore menyebabkan hujan abu vulkanik di Kecamatan Ledokombo di Desa Slateng, Desa Sumber bulus dan Desa Sumber salak dan petani tembakau merasa khawatir dengan tanamannya rusak akibat terkena hujan abu vulkanik.

Sementara BPBD Jember memantau aktivitas Gunung Raung dari sejumlah titik lokasi saat status gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) meningkat dari normal (level I) menjadi waspada (level II).

"Status Gunung Raung naik menjadi waspada, sehingga relawan BPBD Jember memantau aktivitas gunung itu dari beberapa lokasi di Kecamatan Sumberjambe dan Ledokombo," kata Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo.

Ia mengatakan pihak PVMBG memberikan rekomendasi sehubungan dengan tingkat aktivitas Gunung Raung meningkat menjadi waspada yakni masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3 kilometer.

"Masyarakat di sekitar Gunung Raung diharapkan tenang, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Raung, dan agar senantiasa mengikuti arahan dari BPBD setempat," katanya.

Baca Juga: Warga Dilarang Beraktivitas di Radius 3 Kilometer dari Pusat Erupsi Gunung Raung

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait