facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Evakuasi Terkendala, Paus Sperma yang Terdampar di Banyuwangi Mati

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Selasa, 02 Agustus 2022 | 12:39 WIB

Evakuasi Terkendala, Paus Sperma yang Terdampar di Banyuwangi Mati
Paus sperma mati di perairan Banyuwangi, Jawa Timur. [Suarajatimpost.com]

Alasan mengapa paus ini lepas dari jalur diduga karena sensor navigasi pada paus ini rusak.

SuaraJatim.id - Paus Sperma yang terdampar di perairan Selat Bali, Kalipuro, Banyuwangi dilaporkan mati. Sebelumnya, patugas telah mengupayakan evakuasi namun gagal.

Seperti diwartakan Suarajatimpost.com, paus dikabarkan mati, pada Senin (1/8/2022) sekitar pukul 19.30 WIB.

Sebelumnya, sejak dilaporkan ada mamalia laut itu terdampar pada Senin pagi, kurang lebih lima jam petugas gabungan dari TNI AL dan Satpolair telah berupaya menarik paus tersebut kembali ke tengah laut, namun upaya itu tak membuahkan hasil.

Sebab, berat paus dan kondisi laut yang tengah surut menjadi kendala utama dalam proses evakuasi.

Baca Juga: Video Paus Terdampar di Perairan Banyuwangi Jadi Tontontan Warga, Diduga Sedang Sakit karena Kesulitan Berenang

Kekinian, bangkai paus masih mengambang di bibir pantai setempat. Petugas dari berbagai elemen berkumpul untuk menyiapkan skenario penanangan bangkai paus tersebut.

Sebelumnya Petugas Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Kelautan Bali, Wilayah Kerja Banyuwangi, Bayu Dwi Handoko mengatakan habitat asli dari paus sperma adalah di wilayah arktik. Alasan mengapa paus ini lepas dari jalur diduga karena sensor navigasi pada paus ini rusak.

"Paus kan memiliki sensor pada tubuhnya nah diduga itu rusak sehingga keluar jalur dan nyasar. Perihal sakit dan lain sebagainya itu masih perlu dicek secara medis," ujarnya, Selasa (2/8/2022).

Ketika paus mati, ada prosedur yang umum dilakukan. Opsi yang dilakukan adalah mengubur, membakar atau menenggelamkan bangkai paus tersebut.

"Sesuai SOP seperti itu, bila masih hidup sebisa mungkin harus dibawa kembali ke tengah laut. Kalau mati dilakukan menguburkan, membakar atau menenggelamkannya," tandasnya.

Baca Juga: Paus Terdampar di Pantai Warudoyong Banyuwangi, Menghantam Dermaga hingga Rusak

Sebagai informasi seekor paus berukuran besar terdampar di perairan pantai Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Senin siang 1 Agustus 2022 sekitar pukul 13.00 WIB.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait