BPBD Probolinggo Catat 4 Rumah Rusak Akibat Gempa Bumi Bermagnitudo 4,1 Kemarin

Kemarin gempa bumi berkekuatan 4.1 juga mengguncang wilayah Probolinggo Jawa Timur ( Jatim ), Rabu (23/11/2022). Akibatnya, empat rumah warga dilaporkan rusak.

Muhammad Taufiq
Kamis, 24 November 2022 | 18:20 WIB
BPBD Probolinggo Catat 4 Rumah Rusak Akibat Gempa Bumi Bermagnitudo 4,1 Kemarin
Gempa bumi Probolinggo [Foto: ANTARA]

SuaraJatim.id - Kemarin gempa bumi berkekuatan 4.1 juga mengguncang wilayah Probolinggo Jawa Timur ( Jatim ), Rabu (23/11/2022). Akibatnya, empat rumah warga dilaporkan rusak.

Demikian disampaikan Supervisor Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana BPBD Probolinggo Aries Setyawan. Ia mengatakan, empat rumah yang rusak ini kategori ringan.

"Empat rumah yang mengalami kerusakan berada di Desa Tambakukir, Kecamatan Kotaanyar, namun kerusakannya kategori ringan," katanya saat dihubungi per telepon di Probolinggo, Kamis (24/11/2022).

Gempa bermagnitudo 4,1 dengan lokasi 7,81 LS dan 113,59 BT atau berpusat di 14 kilometer timur laut Kabupaten Probolinggo dengan kedalaman enam kilometer terjadi pada Rabu (23/11), pukul 17.45 WIB.

Baca Juga:Dari Purwakarta Untuk Cianjur, Ratusan Dus Mie Instan dan Air Mineral Dikirimkan Untuk Korban Gempa

"Tiga rumah rusak ringan dan satu rumah tembok penahan tanahnya longsor di Desa Tambakukir, namun tidak ada korban jiwa dalam bencana gempa bumi tersebut," katanya.

Ia menjelaskan gempa bumi itu dirasakan warga di beberapa kecamatan di Kabupaten Probolinggo, yakni Kecamatan Kotaanyar, Paiton, Pakuniran, Kraksaan, Tiris, Krejengan, Besuk, Gending, Krucil dan sekitarnya.

"Hingga saat ini kami masih berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat yang terdampak gempa terkait dan dampak lain yang belum teridentifikasi, " tuturnya.

Aries mengatakan BPBD Probolinggo akan melakukan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) kepada masyarakat yang terdampak gempa bumi dan akan melakukan upaya penanganan darurat jika diperlukan sewaktu-waktu.

"Kami imbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan terkait gempa bumi karena Pusdalops Penanggulangan Bencana BPBD Probolinggo akan meneruskan informasi yang akurat dari BMKG," katanya.

Baca Juga:1.500 Relawan Dari Jakarta Diterjunkan Bantu Korban Gempa Cianjur

Gempa bumi Probolinggo tersebut juga dirasakan oleh warga di Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo. ANTARA

News

Terkini

Masyarakat Tanah Air kembali digegerkan dengan aksi terduga teroris. Kali ini, bom bunuh diri itu terjadi di Polsek Atanaayar, Bandung, Jawa Barat. Dua orang yang meninggal.

News | 12:05 WIB

Kementerian Hukum dan HAM Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, memutuskan Pembebasan Bersyarat (PB) pada narapidana teroris, Hisyam bin Alizein Alias Umar Patek.

News | 21:13 WIB

Tim relawan BRI juga telah membantu proses evakuasi warga yang terisolir akibat rerentuhan pasca gempa.

News | 20:48 WIB

Sebab restrukturisasi kredit BRI sudah melandai.

News | 19:00 WIB

Bom bunuh diri kembali terjadi negeri ini. Kali ini sasarannya Polsek Astana Anyar Kota Bandung Jawa Barat, Rabu (07/12/2022).

News | 17:58 WIB

Petinggi Sunda Empire, Lor Rangga atau Ki Rangga Sasana meninggal dunia pagi tadi. Ia meninggal dunia setelah masuk rumah sakit semalam, Selasa (06/12/2022).

News | 10:58 WIB

Hujan deras mengguyur sejumlah wilayah di Jawa Timur ( Jatim ) kemarin malam, Selasa (06/12/2022). Salah satu wilayah yang diguyur hujan lebat ini Kabupaten Jombang.

News | 10:34 WIB

Warga Desa Gunung Eleh Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang Madura digegerkan dengan pengeboran sumur warga menyemburkan api.

News | 09:33 WIB

Hingga saat ini, setidaknya BRI telah menyalurkan bantuan makanan cepat saji dengan menyalurkan bantuan lebih dari 5.000 makanan siap santap (nasi bungkus).

News | 17:00 WIB

Pemerintah Kota Surabaya mendapat peringkat A (sangat baik) dari KemenpanRB untuk penilaian Indeks Reformasi Birokrasi.

News | 15:46 WIB

Gempa bumi berkekuatan 6.2 dilaporkan mengguncang wilayah Jember, Jawa Timur ( Jatim ), Selasa (06/12/2022) sekitar pukul 13.07 WIB.

News | 13:31 WIB

Beredar video rekaman CCTV yang memperlihatkan detik-detik seorang penjaga perlintasan kereta api (KA) yang ada di Desa Sumlaran, Kecamatan Sukodadi, Lamongan, Jawa Timur.

News | 12:30 WIB

Setelah melakukan penyelidikan kasus penyerangan warga dan penjarahan sebuah warung kopi di Keputih Sukolilo Kota Surabaya Jawa Timur ( Jatim ), para pelaku pendekar silat.

News | 09:39 WIB

Julukannya saja kentir alias gila. Perilakunya ternyata sama. Kentir yang memiliki nama asli Widiono (32) itu tega membacok istrinya sendiri dengan pisau daging.

News | 08:04 WIB

Setelah menjadi agen, pendapatan kini justru meningkat.

News | 15:30 WIB
Tampilkan lebih banyak