Setelah Bom Astana Anyar Bandung, Penjagaan di Polrestabes Surabaya Diperketat

Bom bunuh diri kembali terjadi negeri ini. Kali ini sasarannya Polsek Astana Anyar Kota Bandung Jawa Barat, Rabu (07/12/2022).

Muhammad Taufiq
Rabu, 07 Desember 2022 | 17:58 WIB
Setelah Bom Astana Anyar Bandung, Penjagaan di Polrestabes Surabaya Diperketat
Mapolda Jawa Timur [Foto: Timesindonesia]

SuaraJatim.id - Bom bunuh diri kembali terjadi negeri ini. Kali ini sasarannya Polsek Astana Anyar Kota Bandung Jawa Barat, Rabu (07/12/2022). Sebanyak 10 orang menjadi korban, 8 orang anggota polisi, 1 warga sipil, dan 1 pelaku.

Pasca peristiwa bom bunuh diri di Kota Bandung ini, kini pengamanan sejumlah kantor polisi diperketat. Salah satunya di Kota Surabaya Jawa Timur ( Jatim ). Apalagi, peristiwa serupa sempat terjadi di Kota Surabaya pada Senin 14 Mei 2018.

Dikutip dari beritajatim.com, jejaring media suara.com, setiap orang yang hendak masuk ke Polrestabes Surabaya diperiksa barang bawaannya dan harus meninggalkan identitas diri.

Kasi Humas Polrestabes Surabaya, Kompol M Fakih mengatakan jika selama ini, pengamanan di Polrestabes Surabaya sudah sesuai dengan Standar Operasional Pelaksanaan (SOP).

Baca Juga:Polisi Temukan Bukti Belasan Lembar Kertas di Lokasi Bom Bunuh Diri Mapolsek Astanaanyar: Bertuliskan Protes Penolakan terhadap RKUHP

"Setiap masyarakat yang masuk, kita lakukan SOP yang ada, seperti one gate system lalu meminta identitas," ujar Fakih, Rabu (7/12/2022).

Namun, pasca tragedi bom bunuh diri di Mapolsek Astana Bandung kini penjagaan di Mapolrestabes Surabaya mulai diketatkan. Pengunjung yang masuk akan diperiksa satu persatu.

"Barang-barang bawaan yang dibawa kita periksa satu persatu, pada dasarnya kita memperkuat penjagaan. Kita waspada," urai dia.

Fakih menambahkan, jika selain di Mapolrestabes Surabaya, pihaknya juga memperketat menginstruksikan penjagaan di Polsek jajaran.

"Kami menginstruksikan ke Polsek Jajaran untuk meningkatkan kewaspadaan, tadi perintah dari pimpinan, kita sudah koordinasi dengan Polsek jajaran untuk tetap waspada," katanya menambahkan.

Baca Juga:Kutuk Keras Insiden di Polsek Astana Anyar, PBNU: Bom Bunuh Diri Adalah Hal Sia-sia

Perlu diketahui, Polrestabes Surabaya juga pernah menjadi sasaran bom bunuh diri pada 2018 silam. Dalam kejadian tersebut terdapat petugas kepolisian menjadi korban. 

Sebelumnya, bom bunuh diri sempat terjadi di Polrestabes Surabaya pada Senin, 14 Mei 2018. Saat itu bom bunuh diri ini meledak pukul 08.50 WIB. Kepolisian menyebut bom bunuh diri itu menggunakan sepeda motor yang dikendarai seorang pria, perempuan, dan seorang bocah yang duduk di depan.

Berdasarkan rekaman CCTV, saat itu sebuah minibus hendak memasuki gerbang penjagaan Mapolrestabes untuk dilakukan pemeriksaan oleh tiga petugas jaga dan provost. Lalu tiba-tiba pengendara motor datang dan bomnya segera meledak.

News

Terkini

Isu penculikan anak dalam beberapa hari terakhir meneror para orangtua di sejumlah daerah di Jawa Timur ( Jatim ). Informasi beredar melalui grup-grup WhatsApp dan media sosia

News | 09:45 WIB

Beredar video yang memperlihatkan seorang pemuda mengendarai motor dengan gaya tak biasa. Pemuda itu mengendarai motor sambil tiduran di jok.

News | 09:11 WIB

Sejak usia 4 bulan, balita bernama Assyifa Aulia Susanti berjuang tanpa anus. Orang tua balita 3 tahun itu pun tak bisa berbuat apa-apa karena ekonomi terbilang lemah.

News | 09:06 WIB

Polisi mengamankan 107 orang usai kericuhan yang terjadi pada saat aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh pendukung Arema FC

News | 07:28 WIB

Kericuhan yang terjadi saat aksi unjuk rasa Aremania di depan Kantor Arema FC menjadi perhatian publik. Aksi tersebut ternyata mengakibatkan korban luka-luka.

News | 17:30 WIB

Pelatih Persebaya, Aji Santoso berpesan kepada Bonek, suporter Bajul Ijo agar bisa menjaga ketertiban tanpa kerusuhan saat tim kesayangannya dijamu Madura United

News | 15:37 WIB

TPPO masih banyak terjadi, modusnya menjadi pekerja migran Indonesia (PMI). Sementara di negara tujuan, korbannya dijanjikan untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART)

News | 22:36 WIB

Apa yang dilakukan Sulaiman ini bisa dibilang nekat betul. Pria 31 tahun asal Kampung Barat Tambak Kelurahan Pejagan Kabupaten Bangkalan, itu menguras barang-barang kantor BMT

News | 09:53 WIB

Nama Samanhudi Anwar keluar belakangan. Mantan Wali Kota Blitar 2 periode ini disangkutpautkan dalam kasus perampokan tersebut setelah sekian lama tenggelam.

News | 08:33 WIB

Seorang pengamen di Kediri, Jawa Timur kedapatan mengendarai motor saat mengamen di sebuah toko pakaian. Hal ini sontak membuat heran warganet.

News | 08:07 WIB

Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar diduga ikut membantu merancang aksi pencurian dengan kekerasan atau perampokan Rumah Dinas Wali Kota Santoso pada 12 Desember 2023 lalu

News | 08:00 WIB

Setelah hampir dua bulan kasus perampokan disertai penyekapan rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso akhirnya terungkap. Salah satu tersangka ternyata eks Wali Kota Balitar.

News | 21:04 WIB

Para Nahdliyin, sebutan untuk warga Nahdlatul Ulama (NU), saat ini merayakan usia seabad organisasi Islam terbesar di Indonesia itu. Acara puncaknya bakal digelar di Sidoarjo.

News | 12:31 WIB

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menanggapi santai kode-kode dorongan dirinya maju sebagai calon gubernur Jawa Timur ( Jatim ) yang ramai sejak kemarin.

News | 11:31 WIB

Seorang bocah laki-laki berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda motor (curanmor) di sebuah minimarket di Sidoarjo, Jawa Timur. Aksi percobaan pencurian itu terekam CCTV.

News | 10:34 WIB
Tampilkan lebih banyak