Pemindahan Ibu Kota Negara Dinilai Sesuai Semangat Pemerataan Keadilan

Chandra Iswinarno
Pemindahan Ibu Kota Negara Dinilai Sesuai Semangat Pemerataan Keadilan
Wasekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah saat memberikan keterangan kepada wartawan di komplek Makam Bung Karno di Blitar, Rabu (1/5/2019). [Suara.com/Agus H]

Wacana pemindahan ibu kota negara ke provinsi lain telah digagas Presiden Soekarno pada tahun 1957.

Suara.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendukung penuh rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara dari Provinsi DKI Jakarta ke wilayah lain sebagai upaya pemerataan keadilan sosial dan ekonomi.

Wasekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyatakan partainya melihat pemindahan ibu kota negara sejalan dengan semangat partai tentang pemerataan keadilan sosial dan ekonomi ke seluruh Indonesia.

"Saya kira ini sudah sejalan dengan partai dan gagasan itu melengkapi konsep pemerintahan Pak Jokowi tentang pemerataan keadilan sosial ke seluruh Indonesia," ujar Basarah saat mendampingi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berziarah ke Makam Bung Karno di Blitar, Rabu (1/5/2019).

Menurut Basarah, sebenarnya wacana pemindahan ibu kota negara ke provinsi lain telah digagas Presiden Soekarno pada tahun 1957, namun tidak terlaksana karena situasi politik saat itu tidak memungkinkan.

Secara khusus, Basarah khusus menyebut Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah sebagai kota yang ideal menjadi tempat ibu kota baru.

"Saya kira apa yang digagas pemerintah Pak Jokowi dalam rapat kabinet beberapa waktu lalu melanjutkan cita-cita besar para pendahulu bangsa kita," jelasnya.

Basarah menduga, dalam rapat terbatas kabinet beberapa waktu lalu, sudah ada beberapa opsi terkait wilayah yang akan dijadikan ibu kota negara. Meski begitu, dia yakin proses pengkajian terus dilakukan Bappenas dan Pemerintahan Presiden Jokowi dalam memilih daerah yang akan dijadikan ibu kota.

Kontributor : Agus H

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS