alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Melihat Tradisi Ramadan di Masjid Sunan Giri Gresik

Bangun Santoso Jum'at, 10 Mei 2019 | 16:30 WIB

Melihat Tradisi Ramadan di Masjid Sunan Giri Gresik
Suasana masjid Sunan Giri di Gresik Jawa Timur. (Suara.com/Tofan Kumara)

Setiap hari pengelola masjid Sunan Giri selalu menyiapkan ratusan takjil dan nasi untuk para peziarah saat Ramadan tiba

SuaraJatim.id - Selama bulan suci Ramadan 1440 H, Masjid Besar Ainul Yaqin Sunan Giri yang berada di komplek wisata religi makam Sunan Giri, Kota Gresik, Jawa Timur menggelar serangkaian acara keagamaan untuk mempertebal keimanan umat muslim.

Masjid bersejarah yang dibangun pada tahun 1544 oleh Nyai Ageng Kabunan, cucu dari Sunan Giri itu selalu ramai didatangi para peziarah selama Ramadan.

Menurut Muhammad Ma'arif, salah satu koordinator humas masjid Sunan Giri, banyak sekali kegiatan seperti Khataman Alquran dan pengajian Qobla Ifthar yang diisi oleh sejumlah ustaz dari Gresik maupun kota sekitarnya.

Tidak hanya itu, pengajian Ramadan putri, tadarus Alquran remaja putra, tadarus Alquran remaja putri hingga tadarus Alquran dewasa putra selalu diadakan setiap hari dengan waktu yang berbeda, hingga peringatan Nuzulul Quran.

Baca Juga: Kisah Tragis Ibu dan Anak Bunuh Diri karena Tak Punya Uang saat Ramadan

"Kami banyak sekali mengadakan kegiatan selama bulan puasa ini. Mulai dari khataman Alquran, tadarus setiap hari hingga pengajian yang di isi ustaz dari Kota Gresik maupun dari luar kota," kata Ma'arif, Kamis (9/5/2019).

Sejumlah jemaah membaca Alquran di Masjid Sunan Giri Gresik Jawa Timur. (Suara.com/Tofan Kumara)
Sejumlah jemaah membaca Alquran di Masjid Sunan Giri Gresik Jawa Timur. (Suara.com/Tofan Kumara)

Menurut dia, untuk salat tarawih diimami oleh imam khufat dari Kota Gresik dan kota lainnya dengan mengkhatamkan 30 juz Alquran selama Ramadan.

Sementara untuk takjil dan buka puasa, setiap hari pengurus masjid Sunan Giri menyediakan seratus takjil berikut nasi bungkus, khusus untuk para peziarah yang datang.

Jumlah itu akan lebih banyak lagi apabila di waktu pengajian setiap hari Selasa dan Jumat. Jumlah konsumsi yang dibagikan hampir mencapai seribu nasi bungkus ditambah konsumsi lainnya.

"Untuk takjil dan berbuka puasa, kami bisa menyediakan hingga ratusan setiap hari takjil dan konsumsi untuk buka puasa maupun pengajian. Selain itu kita sediakan kurma dan jajanan," katanya.

Baca Juga: Promo Ramadan, Tiket Masuk Kebun Raya Indrokilo Gratis Sampai Lebaran

Ma'arif mengatakan, kegiatan seperti ini sudah dilakukan selama berpuluh-puluh tahun. Bahkan sudah menjadi tradisi di masjid Sunan Giri setiap bulan Ramadan tiba.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait