Khofifah ke Jokowi: Tol Pandaan - Malang Mampu Urai Kemacetan 70 Persen

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Khofifah ke Jokowi: Tol Pandaan - Malang Mampu Urai Kemacetan 70 Persen
Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan Tol Pandaan - Malang. (Suara.com/Umay Saleh)

Khofifah mengatakan saat musim lebaran kepadatan lalu lintas di Surabaya - Malang bisa mencapai puncak 65.000 kendaraan.

Suara.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut kemacetan dari Surabaya ke Malang akan terurai sekitar 70 persen dengan adanya Tol Pandaan - Malang saat mudik lebaran 2019. Tol tersebut baru saja diresmikan Presiden Jokowi.

"Kira-kira 70 persen pak Presiden (kemacetan) akan terurai melalui tol ini. Jadi kira-kira 42 ribu diantara kendaraan itu akan terurai melalui Tol Pandaan - Malang," ujar Khofifah saat peresmian Tol Pandaan - Malang, Malang, Jawa Timur, Senin (13/5/2019).

Khofifah menuturkan, saat musim lebaran kepadatan lalu lintas normal di Surabaya - Malang bisa mencapai puncak 65.000 kendaraan. Dengan adanya tol baru ini ia berharap bisa mengurai kepadatan lalu lintas.

"Ini kalau hari Sabtu dan Minggu pada musim lebaran, ekornya dari Pandaan- Purwosari dan itu akan memberikan dampak yang luar biasa 65 ribu sehari dalam keadaan normal," kata dia.

"Surabaya - Malang melewati titik dimana rawan kemacetan ada di Lawang dan Singosari," Khofifah menambahkan.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi meresmikan Tol Pandaan - Malang seksi I, II dan III. Tol tersebut sepanjang 31 kilometer dari 38 kilometer total panjang Tol Pandaan - Malang.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan tol Surabaya - Malang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Dengan adanya tol baru ini masyarakat bisa menuju Surabaya diperkirakan sekitar satu jam.

"Tol Surabaya sampai ke Malang sudah bertahun-tahun ditunggu oleh masyarakat yang sebelumnya tadi Bupati Malang menyampaikan dulunya ditempuh bisa sampai tiga jam kadang bisa sampai 3 setengah jam. Sekarang setelah ini jadi diperkirakan hanya satu jam," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Meski belum semua ruas tol rampung yakni seksi IV dan V, ia meminta agar ruas tol seksi IV dan V segera diselesikan akhir tahun 2019.

"Memang masih kurang sedikit kurang 7-8 kilo meter. Tapi saya sudah kejar agar ini bisa diselesaikan maksimal akhir tahun maksimal syukur-syukur bisa maju," kata dia.

Adapun seksi I Pandaan-Purwodadi memiliki panjang 15,47 km, seksi II Purwosari-Lawang 8,05 km, dan seksi III Lawang-Karanglo 7,10 km.

Sementara, untuk seksi IV-V dari Singosari-Malang sepanjang 7,48 KM masih dalam tahap konstruksi.

Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang sahamnya dimiliki PT. Jasa Marga sebesar 60 persen, PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebesar 35% dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5 persen. Biaya investasi sebesar Rp 5,9 triliun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS