Makam Bung Karno Ramai Pengunjung Meski Tak Seramai Lebaran Tahun Lalu

Fabiola Febrinastri
Makam Bung Karno Ramai Pengunjung Meski Tak Seramai Lebaran Tahun Lalu
Makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur

Tingkat kunjungan ke Makam Bung Karno pada hari-hari libur nasional selalu mengalami peningkatan.

Suara.com - Kunjungan wisatawan ke Makam Bung Karno (MBK) di Blitar, Jawa Timur, mengalami kenaikan pada H+2 Lebaran 2019, Jumat (7/6/2019), meski sedikit menurun dibanding kunjungan pada libur Lebaran 2018.

Staf Bagian Retribusi Makam Bung Karno, Didit Harsoyo, mengatakan, jumlah pengunjung MBK pada H+2 Lebaran 2019 mengalami kenaikan dibanding dua hari sebelumnya.

"Hari ini cukup ramai meski hari Jumat. Sepertinya bisa mencapai 900-an orang sampai tutup nanti sore," ujar Didit kepada Suara.com.

Didit mengatakan, jumlah pengunjung Makam Bung Karno pada H+1 (Kamis, 6/6/2019) mencapai lebih dari 800 orang.

Pada hari H Lebaran 2019 (Rabu, 5/6/2019), lanjut Didit, jumlah pengunjung ke kompleks Makam Presiden Pertama RI yang terletak di Kelurahan Bendogerit tersebut mencapai lebih dari 700 orang.

Meski demikian, jelas Didit, jumlah pengunjung ke Makam Bung Karno pada libur Lebaran 2019 kali ini mengalami penurunan dibandingkan dengan Lebaran 2018, yang mencapai rata-rata 1.000 orang pertama hari.

Puncak kunjungan ke Makam Bung Karno pada Lebaran 2019 kali ini, lanjutnya, diperkirakan akan terjadi pada H+3 (Sabtu, 8/6/2019).

"Hari Minggu besok lusa, mungkin orang sudah mulai kembali ke kota masing-masing untuk bersiap kerja di hari Seninnya," ujar Didit.

Menurutnya, tingkat kunjungan ke Makam Bung Karno pada hari-hari libur nasional selalu mengalami peningkatan.

Namun, lanjutnya, kunjungan ke Makam Bung Karno paling tinggi pada masa-masa libur panjang sekolah yang tiap harinya bisa mencapai lebih dari 1000 orang.

Pada hari-hari biasa, ujar Didit, tingkat kunjungan ke Makam Bung Karno ada di angka 300-an orang per hari.

Kontributor : Agus H

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS