Arus Balik Terakhir Dari Pulau Bawean Tiba di Pelabuhan Gresik

Chandra Iswinarno
Arus Balik Terakhir Dari Pulau Bawean Tiba di Pelabuhan Gresik
Salah satu penumpang mudik gratis turun dari kapal Bahari Express di pelabuhan Gresik, Senin (10/6/2019). [Suara.com/Tofan Kumara]

Mudik gratis tahun ini yang menggunakan tiga Kapal Motor Express Bahari, Natuna Express dan Blue Sea Jets berjalan dengan baik

Suara.com - Dengan menggunakan Kapal Motor Express Bahari 8E dengan tujuan Pelabuhan Gresik di Jawa Timur dari Pulau Bawean, sekitar 351 penumpang dan 8 bayi yang terangkut kapal tersebut menjadi rombongan pemudik terakhir dalam rangkaian mudik gratis yang digagas Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

Tidak ada kendala baik cuaca atau gelombang laut yang dilalui kloter arus balik tersebut.

"Alhamdulillah, arus balik yang tiba di Pelabuhan Gresik dari Bawean hari ini yang terakhir dengan mengangkut 351 jiwa dan 8 bayi tiba dengan selamat," kata Kepala seksi pelayaran Dishub Gresik Muhammad Amri pada Senin (10/6/2019) sore.

Secara keseluruhan, lanjut Amri mudik gratis tahun ini yang menggunakan tiga Kapal Motor Express Bahari, Natuna Express dan Blue Sea Jets berjalan dengan baik, meski ada beberapa kendala dari cuaca buruk sebelumnya.

"Kita bersyukur berjalan dengan sukses, walaupun pada saat arus mudik dan balik ada terkendala cuaca, tapi bisa di atasi dengan pola penambahan pelayanan frekuensi," kata Amri.

Lebih lanjut, animo pendaftaran mudik gratis dari masyarakat sudah ada peningkatan dibanding tahun lalu. Jika pada tahun sebelumnya pelayanan dilakukan manual, tahun ini mulai berubah dengan menambahkan sistem online. Dengan sistem online, pemudik bisa akses sendiri dengan tidak harus ke kantor untuk mendaftar.

"Untuk animo pendaftar ada peningkatan dengan adanya sistem online. kemudian, ada beberapa pemberangkatan yang tidak sesuai kuota disebabkan kendala cuaca dan pemudik memilih ingin cepat berlebaran di kampung halaman kemudian memilih berangkat melalui Tanjung Perak Surabaya dan Paciran," jelas Amri.

Seorang penumpang mudik gratis, Akbar Maulana (24) yang bekerja di Surabaya mengatakan mudik gratis tahun ini lebih bagus dengan adanya sistem online saat mendaftar. Namun, ia berharap untuk tahun berikutnya lebih diperbaiki pendaftaran dengan sistem online-nya.

"Alhamdulillah lancar, cuaca juga baik tadi. Pelayanan juga bagus, untuk daftar online saya berharap dishub lebih meningkatkan agar lebih baik lagi," ucap Akbar.

Jumlah total keseluruhan penumpang pada mudik gratis lewat jalur laut ini sekitar 2.707 pemudik gratis yang diberangkatkan dishub dari pelabuhan Gresik maupun dari Pulau Bawean.

Kontributor : Tofan Kumara

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS