Macan Tutul Sedang Kawin Tertangkap Kamera Trap TNBTS

Chandra Iswinarno
Macan Tutul Sedang Kawin Tertangkap Kamera Trap TNBTS
Petugas TNBTS menunjuk area wilayah taman nasional tersebut. [Berita Jatim]

Kamera trap tersebut menangkap aktivitas macan tutul (Panthera pardus) yang berada di kawasan TNBTS.

Suara.com - Kamera trap atau kamera penjebak milik Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Jawa Timur mengungkapkan temuan baru yang dipasang di sejumlah hutan di kawasan TNBTS.

Kamera trap tersebut menangkap aktivitas macan tutul (Panthera pardus) yang berada di kawasan tersebut. Koordinator Pengendali Ekosistem Hutan TNBTS Agung Siswoyo menjelaskan temuan pertama berada di salah satu kamera trap yang terpasang di Hutan Jabung.

Dalam gambar yang diambil terlihat tiga ekor macan sedang berjalan menyusuri hutan.

"Tertangkap kamera, tiga macan. Pertama macan kumbang diidentifikasi betina. Kedua dua ekor macan tutul betina dan jantan," kata Agung seperti dilansir Beritajatim.com - jaringan Suara.com pada Kamis, (27/6/2019).

Selain temuan itu, pihak TNBTS juga menemukan aktivitas macan tutul yang sedang kawin. Temuan tersebut membuat pengelola senang karena diharapkan macan yang berhabitat di Hutan Jabung terus berkembang biak dan tak punah.

"Saat kami pasang kamera trap kemudian melihat hasilnya, kamera merekam macan tutul yang sedang kawin. Di Hutan Jabung," ujar Agung.

Agung mengungkapkan macan kumbang dan macan tutul masih satu spesies. Perkawinan antarkedua macan itu sangat mungkin terjadi. Bahkan, perkawinan macan tutul dengan macan tutul pun biasanya melahirkan seekor macan kumbang.

"Macan tutul bila kawin dengan macan tutul anaknya itu misalkan melahirkan anak macan 3 yang 2 macan tutul yang satu macan kumbang. Kalau macan tutul kawin dengan macan kumbang itu fifty-fifty, jika macan kumbang dan macan kumbang maka anaknya pasti macan kumbang," jelasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS