Thoriq, Pendaki yang Hilang 12 Hari di Gunung Piramid Ditemukan di Jurang

Chandra Iswinarno
Thoriq, Pendaki yang Hilang 12 Hari di Gunung Piramid Ditemukan di Jurang
Ilustrasi Petugas Basarnas. [Berita Jatim]

Jenazah ditemukan sekitar Pukul 15.30 pada Jumat (5/7/2019), namun kabar tersebut baru bisa diterima pada malam harinya.

Suara.com - Throriq Rizky Maulidan yang hilang saat mendaki Gunung Piramid di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur akhirnya berhasil ditemukan pada Jumat (5/7/2019). Jasad pendaki berusia 14 tahun ini ditemukan di salah satu jurang yang berada di gunung tersebut.

Sebelumnya, Thoriq sempat dikabarkan hilang saat mendaki gunung berketinggian 1.512 meter di atas permukaan laut tersebut. Jenazah Thoriq kali pertama ditemukan anggota SAR gabungan yang melakukan pencarian sejak beberapa hari lalu di sebuah jurang yang berada di jalur pendakian.

Saat dikonfirmasi Beritajatim.com - jaringan Suara.com, Komandan Tim Gabungan Basarnas Asnawi Suroso belum bisa memberikan informasi lebih tentang penemuan Thoriq tersebut.

"Kami dari pihak Basarnas belum mendapatkan informasi secara rinci. Yang pasti kabar terakhir memang demikian (jalur ekstrem),” jelas Asnawi Suroso, Komandan Tim Gabungan Basarnas, Sabtu (6/7/2019).

Dikemukakan Asnawi, untuk melakukan evakuasi perlu tenaga ekstra karena persoalan medan yang terjal dan juga cuaca dingin menjadi kendala saat ini.

"Cuaca meski tak ekstream bukan masalah. Hanya terjalnya kondisi jalan ini membuat berat petugas,” lanjutnya.

Dijelaskan Asnawi, jenazah ditemukan sekitar Pukul 15.30 pada Jumat (5/7/2019), namun kabar tersebut baru bisa diterima pada malam harinya.

"Jenazah ditemukan sekitar 15.30 WIB. Malamnya petugas baru berhasil memberikan kabar ke rekan di pos," kata Asnawi.

Dikemukakan Asnawai, penemuan jenazah tersebut berada di sisi kanan jalur dari atas ke bawah atau saat turun gunung. Ia juga menjelaskannya secara rinci posisi ditemukannya jasad Thoriq.

“Dalam sebuah bukit, ada puncak, ada lembah, ada lereng. Dan Lereng yang memanjang itu yang dikenal punggungan gunung,” tandasnya.

Sampai saat ini, lanjut Asnawi, petugas tim gabungan SAR masih melakukan proses evakuasi.

"Kita berharap, Thoriq bisa segera dievakuasi segera," ujarnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS