Gunung Panderman Masih Membara, BPBD Berencana Minta Bantu Heli TNI AU

Bangun Santoso
Gunung Panderman Masih Membara, BPBD Berencana Minta Bantu Heli TNI AU
Titik api kebakaran di Gunung Panderman, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. (Suara.com/Aziz Ramadani)

Lokasi kebakaran di Gunung Panderman tercatat mencapai luas 17,7 hektare

Suara.com - Kebakaran hutan Gunung Panderman Kota Batu Jawa Timur masih belum padam, Senin (22/7/2019). Otoritas setempat merencanakan minta bantuan helikopter TNI Angkatan Udara.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochiim mengatakan, jika pemadaman manual tidak optimal, pihaknya bakal berkoordinasikan dengan TNI AU untuk penyiraman lewat udara.

"Namun belum diputuskan apakah perlu atau tidak penyiraman udara dengan mengevakuasi pelaksanaan operasi pemadaman hari ini," kata Rochiim, Senin (22/7/2019).

Menurut dia, setelah dilakukan evaluasi dan rapat gabungan antar instansi, peristiwa kebakaran ini telah ditetapkan status tanggap darurat. Pihaknya telah mengerahkan ratusan petugas gabungan dan relawan memadamkan titik-titik api secara manual.

Berdasarkan pantauan pihaknya, ada tiga titik api. Sedangkan luasan hutan yang terdampak diperkirakan mencapai 17,7 hektare.

"Saat ini tim gabungan pemadaman kebakaran hutan Gunung Panderman yang dibagi menjadi tiga tim sejak pukul 08.36 WIB melakukan upaya pemadaman kebakaran dan penyisiran pendaki," imbuh Rochiim.

Kontributor : Aziz Ramadani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS