Kebakaran Gunung Panderman, 2 Pendaki Mojokerto Dipastikan Selamat

Bangun Santoso
Kebakaran Gunung Panderman, 2 Pendaki Mojokerto Dipastikan Selamat
Petugas mendata pendaki terkahir yang selamat dari kebakaran hutan di Gunung Panderman Kota Batu, Senin dini hari (22/7/2019). (Pusdalops BPBD Kota Batu)

Kedua pendaki asal Mojokerto itu sebelumnya tidak dapat dihubungi petugas evakuasi kebakaran Gunung Panderman

Suara.com - Kebakaran hebat yang melanda hutan di lereng Gunung Panderman dipastikan tak sampai memakan korban jiwa. Sejumlah dua pendaki yang sempat dikabarkan belum dapat dihubungi petugas evakuasi kini telah selamat.

"Saat ini dua orang pendaki terakhir atas nama Much. Adnan Fanani dan Firgiawan Listanto yang berasal Kabupaten Mojokerto sudah turun dan berada di pos pantau Gunung Panderman," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochiim dikonfirmasi Suara.com.

Menurut dia, kedua pendaki ditemukan Tik Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Batu bersama tim gabungan lainnya sekitar pukul 22.00 WIB berada di sekitar lokasi kebakaran hutan Gunung Panderman dengan koordinat -7.903614, 112.496581. Merujuk data dari Pos Pantau Gunung Panderman, bisa dipastikan sudah tidak ada lagi pendaki yang berada di jalur pendakian Gunung Panderman.

"Informasi selanjutnya akan kami update setelah ada informasi dari tim kami di lokasi," ujar Rochiim.

Pantauan terakhir sekitar pukul 00.30 WIB, Senin dini hari (22/7/2019) Tim Gabungan Pemadaman Kebakaran Hutan Gunung Panderman yang berada di lokasi kebakaran hutan Gunung Panderman dengan koordinat -7.903614, 112.496581, titik - titik api mulai mengecil.

Pemantauan visual titik api bagian tengah sudah mulai mengecil dan untuk api di bagian atas dan bawah yang masih terpantau ada titik api yang cukup besar. Kebakaran persisnya terjadi di petak hutan nomor 227.

Hasil rapat koordinasi bersama antara BPBD, TNI, Polri, Perhutani, Kecamatan Batu, LMDH, PMI, Brantas Rescue dan relawan di Pos Pendakian Gunung Panderman rencana pemadaman api untuk Senin (22/7/2019) diutamakan hutan produksi. Karena menghindari area hutan getah pinus yang mudah terbakar. Petugas juga bakal membuat sekat pembatas agar api tidak meluas. Sedangkan untuk akses dan perizinan pendakian Gunung Panderman dan Gunung Buthak mulai hari ini ditutup sampai waktu yang belum ditentukan (dinyatakan aman).

"Aksi pemadaman akan dilaksanakan pukul 06.30 WIB dengan titik kumpul di Pos Pendakian Gunung Panderman," katanya.

Kontributor : Aziz Ramadani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS