Cerita Sertu I Wayan Budiarta, Panjat Tiang Betulkan Bendera yang Nyangkut

Bangun Santoso
Cerita Sertu I Wayan Budiarta, Panjat Tiang Betulkan Bendera yang Nyangkut
Sertu I Wayan Budiarta, anggota TNI panjat tiang betulkan bendera yang nyangkut. (Suara.com/Suara.com/Nur Qomariyah)

Sertu I Wayan mengaku reflek saat melihat bendera yang nyangkut di atas tiang, padahal lagu Indonesia Raya sudah selesai

Suara.com - Upacara memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur sempat viral di media sosial setelah aksi seorang anggota TNI memanjat tiang bendera yang tersangkut.

Aksi tersebut sempat ramai di media sosial karena mampu menyentuh hati masyarakat. Sertu I Wayan Budiarta mengaku dirinya reflek memanjat tiang bendera karena pada waktu itu bendera masih tersangkut di atas tiang hingga peserta upacara selesai menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Jadi saya reflek saja memanjat tiang itu, masih pakai kaos kaki saya. Baru pas di atas ada pak Jamil yang membantu melepaskan kaos kaki saya biar gak licin, Ya niat saya natural menyelamatkan bendera dan menjaga agar anak-anak tidak down mental," ujar Wayan.

Menurut dia, ketika dirinya berlari menuju tiang bendera, pasukan Paskibra tetap tenang berada pada barisan masing-masing. Aksi tersebut merupakan wujud didikan kepada Paskibra di Kecamatan Wongsorejo tentang nilai komitmen dan tanggung Jawab.

Salah satu pelatih Paskibra, Serka M. Nurhadi mengatakan, bahwa tidak ada niatan lain bagi seluruh pelatih selain mengajarkan tentang tanggung jawab. Nurhadi juga sebut aksi tersebut sebagai pertanggungjawaban bapak pada anak.

"Kita melatih tanggung jawab anak-anak. Dan harapan kita kan adik-adik ini bisa konsisten dan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan selesai. Nah itu sudah menjadi kebanggaan sendiri. Ya itu juga sebagai upaya pertanggungjawaban seorang bapak pada anak," ungkap Nurhadi.

Hingga selesai memanjat, prosesi penurunan bendera Merah putih berlangsung tertib hingga akhir. Kedisiplinan anggota Paskibra tersebut sontak membuat Wayan dan petugas pelatih lainnya merasa bangga.

Kontributor : Nur Qomariyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS