5 Hektare Lahan Taman Nasional Baluran Situbondo Hangus Terbakar

Bangun Santoso
5 Hektare Lahan Taman Nasional Baluran Situbondo Hangus Terbakar
Ilustrasi kebakaran lahan dan hutan. [Antara]

Kebakaran di Taman Nasional Baluran terjadi pada Minggu malam sekitar pukul 19.00 WIB

Suara.com - Kebakaran hutan melanda Taman Nasinal Baluran di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Api membakar pada hari Minggu, (18/8/2019), terjadi pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB di Jalan Pantura 240 km arah Surabaya - Banyuwangi Blok Bitakol di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih.

Menurut Petugas Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Puriyono, ada beberapa petugas yang datang untuk memadamkan api yaitu dari Taman Nasional Baluran, masyarakat peduli api, anggota polsek dan anggota Koramil serta satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Situbondo. Upaya tersebut dilakukan untuk mencegah api tidak meluas ke area lain.

"Selanjutnya petugas TN Baluran, masyarakat peduli api, anggota Polsek dan anggota Koramil serta 1 unit mobil Damkar milik Pemkab Situbondo yang disiagakan di wilayah Asembagus," ujar Puriyono.

Api kebakaran berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.00 WIB. Sampai saat ini belum diketahui jelas penyebab terjadinya kebakaran dan tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut.

Luas lahan yang terbakar kurang lebih 5 hektare. Informasi tersebut seperti yang diberikan oleh Pusdalops Situbondo.

Hingga saat ini, upaya terus dilakukan oleh Pusdalops BPBD Situbondo dengan cara melakukan koordinasi dengan petugas TN Baluran, Polsek, Koramil Wilayah Banyuputih.

Kontributor : Nur Qomariyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS