Terinspirasi Gusdur, Penyandang Difabel Ini Maju Pilkada Jember 2020

Chandra Iswinarno
Terinspirasi Gusdur, Penyandang Difabel Ini Maju Pilkada Jember 2020
Kusbandono mendaftar melalui PDIP untuk menjadi bakal calon bupati (bacabup) Jember dalam pilkada 2020. [Berita Jatim]

Stigma negatif yang sering dialami difabel membuat dirinya mantap maju menjadi Bacabup Jember 2020.

Suara.com - Penyandang difabel Kusbandono (39) mendatangi kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jember untuk mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Bupati (Bacabup) Jember 2020.

Kusbandono yang dikenal sebagai aktivis ini mengaku terinspirasi sosok Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang juga kerap memperjuangkan kaum orang-orang lemah dan tertindas.

Menurut Kusbandono, stigma negatif yang sering dialami difabel membuat dirinya mantap maju menjadi Bacabup Jember 2020.

"Kondisi yg menonjol untuk layak diperjuangkan adalah stigma negatif yang kerap dialami (penyandang) difabel. Ditambah tokoh inspirasi saya adalah Gus Dur, beliau juga penyandang difabel," ungkap Kusbandono.

Selain itu, ia membawa visi berupa inklusifitas seluruh layanan publik untuk semua golongan masyarakat. Dengan visi tersebut, ia berharap dapat memperjuangkan kemanusiaan dan menepis kondisi dimana difabel menjadi isu dagangan politik semata.

"Disabilitas selama ini jadi isu dagangan politik semata, belum ada tindakan konkrit terutama pemenuhan hidup yang layak," imbuhnya.

Sementara untuk maju menjadi Bacabup, Kusbandono mengaku santai dalam mempersiapkan segala hal karena dia sudah terbiasa berjuang dijalanan untuk kaum marjinal.

Selain itu, jargon PDIP Perjuangan yang mengatakan partai wong cilik juga menjadi alasan Kusbandono ikut dalam kontestasi politik tersebut.

Kontributor : Nur Qomariyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS