Hiu Paus yang Terjebak di Saluran Air PLTU Paiton Berhasil Dibebaskan

Chandra Iswinarno
Hiu Paus yang Terjebak di Saluran Air PLTU Paiton Berhasil Dibebaskan
Tim Evakuasi berhasil menyelamatkan hiu paus ke habitatnya, Kamis (19/9/2019). [Jatimnet.com]

Tidak mudah untuk mengevakuasi hiu paus karena ada beberapa kendala.

Suara.com - Hiu paus yang sudah satu minggu terjebak di saluran air atau inlet PLTU Paiton Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur akhirnya berhasil dibebaskan oleh tim evakuasi.

Ketua Tim Evakuasi Letkol Inf Imam Wibowo mengatakan hiu paus tersebut berhasil dibebaskan pada Kamis (19/9/2019) sekira pukul 13.00 WIB.

“Dalam proses evakuasi kami menggunakan perahu karet sea rider, serta beberapa sekoci milik Lantamal Banyuwangi,” katanya seperti dilansir Jatimnet.com-jaringan Suara.com.

Diakui Imam, tidak mudah untuk mengevakuasi hiu paus karena ada beberapa kendala. Dua kendala utama tersebut berapa keterbatasan alutsista untuk mengarahkan hiu paus dan kecilnya inlet PLTU Paiton.

“Proses evakuasi memakan waktu sampai empat hari, lantaran ikan terlihat agresif saat dievakuasi. Ini yang menyulitkan tim saat menggiring keluar inlet,” kata Komandan Kodim 0820 Probolinggo itu.

Untuk diketahui, kejadian terjebaknya hiu di saluran air tersebut merupakan kali kedua. Pertama hiu paus terjebak di Inlet PLTU pada tahun 2015 lalu, dan terbaru Kamis 12 September 2019.

Sedangkan tim yang terlibat dalam proses evakuasi ini meliputi beberapa personel dari satuan Kopaska, Lantamal Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut KKP, Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati-KLHK, BPSPL Denpasar, Satwas PSDKP Probolinggo, BBKSDA Jawa Timur, Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Situbondo dan lainnya .

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS