Pendaki Singapura Sempat Nekat saat Terjebak Kebakaran Hutan Gunung Raung

Dwi Bowo Raharjo
Pendaki Singapura Sempat Nekat saat Terjebak Kebakaran Hutan Gunung Raung
Pendaki asal Singapura di skretariat pendakian Gunung Raung, Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan kalibaru Banyuwangi. (Beritajatim.com)

Secara umum kondisinya baik, memang ada yang mengalami lecet dan sesak napas."

Suara.com - Sebanyak tujuh pendaki asal Singapura dan enam WNI yang sempat terjebak kebakaran hutan di lereng Gunung Raung, Jawa Timur, berhasil turun dengan selamat. 13 Pendaki itu tiba di Pos Sekretariat Pendakian Mount Raung, Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru sekitar Pukul 10.30 WIB.

Mereka tampak gembira saat pertama kali menginjakkan kaki di pos pertama kali mereka mendaki gunung setinggi 3344 Mdpl. 13 pendaki itu tiba diangkut dengan kendaraan ojek motor milik warga setempat dari Pos 1 sekitar 7 Kilometer dari sekretariat.

Seperti diberitakan Beritajatim.com - jaringan Suara.com, ada yang aneh saat mereka tiba di lokasi. Wajah oriental mereka tiba-tiba berubah kehitam-hitaman. Kondisi itu kemungkinan disebabkan dari abu dan asap akibat kebakaran hutan di Gunung Raung.

“Ada api di mana-mana, dan kami tetap nekat dan kemudian melelauinya dengan hati-hati,” kata Teo Yi Xian, pendaki asal Singapura yang selamat, Sabtu (5/10/2019).

Pendaki asal Singapura yang terjebak kebakaran memberikan keterangan pers seusai berhasil dievakuasi ke posko Utama Gunung Raung, Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (5/10).  [ANTARA FOTO/Budi Candra Setya]
Pendaki asal Singapura yang terjebak kebakaran memberikan keterangan pers seusai berhasil dievakuasi ke posko Utama Gunung Raung, Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (5/10). [ANTARA FOTO/Budi Candra Setya]

Dari ketujuh temannya, ada satu yang terlihat mengalami luka lecet di kaki. Mereka langsung ditangani oleh Petugas Puskesmas Kecamatan Kalibaru.

“Secara umum kondisinya baik, memang ada yang mengalami lecet dan sesak napas. Ada satu guide juga yang tadi pelipisnya luka dan bengkak, katanya akibat tekena serpihan kayu yang me,mbara,” jelas Petugas Puskesmas Kalibaru, Aisyah.

Berdasarkan data terbaru dari Sekretariat Pendakian Gunung Raung menyuebutkan, ada 7 pendaki asal Singapura, 1 dari Jakarta dan 1 dari Kabupaten Jember. Serta ditambah 4 orang sebagai guide dan sekaligus porter.

Berikut 13 pendaki Gunung Raung yang selamat :

WNA Singapura

  1. Ng Hui-Lin (23/Pr)
  2. Kom Jun Wei (25/Lk)
  3. Shervon Ong (24/Pr)
  4. Teo Yi Xian (24/Lk)
  5. Pang Jia Hui (25/Lk)
  6. Beh Ing Tsyr (23/Pr)
  7. Chua Ying Jie (27/Lk)

WNI (pendaki)

  1. Lutfi Sofian (23/Lk) mahasiswa,almt Wirowongso, Kec.Ajung, Kab.Jember
  2. Felisianus Jeremy (35/Lk) karyawan swasta, almt Pegangsaan Dua, Kec.Kelapa Gading, Jakarta Utara

WNI Guide dan Porter

  1. Pak Widi (Lk) wiraswasta, almt Kalibaru, Kab.Banyuwangi
  2. Sam almt Kalibaru(Lk) wiraswasta, Kab.Banyuwangi
  3. Sinyo gimbal (Lk) wiraswasta,almt Kalibaru, Kab.Banyuwangi
  4. Pak Putri (Lk) wiraswasta, almt Kalibaru, Kab.Banyuwangi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS