Angin Puting Beliung Menerjang Dua Dusun di Bangkalan, Satu Orang Tewas

Pebriansyah Ariefana
Angin Puting Beliung Menerjang Dua Dusun di Bangkalan, Satu Orang Tewas
Bencana angin puting beliung terjadi di dua dusun di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. (Dok BPBD)

Akibatnya satu orang meninggal dalam peristiwa ini.

SuaraJatim.id - Bencana angin puting beliung terjadi di dua dusun di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Masing-masimg di Dusun Larlar dan Bedheng, Desa Tlaga, Kecamatan Galis. Akibatnya satu orang meninggal dalam peristiwa ini.

Berdasarkan laporan resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, selain satu orang meninggal dunia atas nama Mahmudah (18), dua orang lainnya, Sumairah (35) dan Bi'a (80), juga mengalami luka ringan.

Puluhan rumah juga tusak diterjang angin puting beliung yang terjadi pada Minggu (24/11/2019) malam sekira pukul 20.00 WIB itu. Bahkan dua di antaranya rata dengan tanah atau mengalami rusak berat. Masing-masing milik Abd. Munib dan Toni.

"Kemudian ada tujuh rumah semi permanin mengalami rusak sedang; 19 rumah juga semi permanin rusak ringan; tiga unit dapur rusak sedang; serta dua unit sepeda motor rusak ringan dalam kejadian tadi malam," urai Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Morris, Senin (25/11/2019).

Dia menuturkan, pasca kejadian pihaknya dan Agen Bencana BPBD Provinsi Jawa Timur bersama Bupati Bangkalan, Camat Galis, Kades Tlaga, serta aparat baik dari unsur TNI maupun Polri langsung melakukan assesment di lokasi kejadian.

"Dalam kesempatan tersebut Bapak Bupati juga langsung memberikan santunan kepala keluarga korban yang meninggal dunia," tambahnya.

Sementara itu, lanjut Rizal, BPBD Bangkalan juga sudah memberikan bantuan kepada para korban berupa dua lember terpal; dua lembar tikar; dua selimut; peralatan dapur satu box; peralatan makan satu box; dan family kids satu box.

"Agar tidak terjadi hal serupa ketika terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Bangkalan, agar lebih waspada," pungkasnya.

Kontributor : Muhammad Madani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS