Banjir Bandang Terjang Desa Klungkung Jember, 156 Warga Diungsikan

Chandra Iswinarno
Banjir Bandang Terjang Desa Klungkung Jember, 156 Warga Diungsikan
Banjir bandang menerjang Desa Klungkung Kabupaten Jember. [Sumber foto: BPBD Jember]

Sekitar pukul 16.15 WIB tim BPBD Jember yang datang segera berupaya mengungsikan warga di bantaran sungai.

SuaraJatim.id - Banjir bandang menerjang Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember pada Sabtu sore (1/2/2020). Meski air bercampur material tanah dan kayu belum menjangkau pemukiman, sebanyak 156 orang diungsikan sementara.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo mengatakan, hujan deras turun di lokasi sekitar pukul 15.30 WIB.

Namun, setengah jam kemudian, debit air Sungai Kalijompo meningkat hingga mencapai 150 centimeter kubik per detik.

Tak hanya air cokelat yang datang, juga material kayu besar nampak dari jembatan di atasnya. Sekitar pukul 16.15 WIB tim BPBD Jember yang datang segera berupaya mengungsikan warga di bantaran sungai.

"Beberapa warga di lokasi terdampak diungsikan sementara ke tempat yang lebih aman," kata Heru melalui aplikasi perpesanan pada Sabtu (1/2/2020).

Untuk saat ini, tempat pengungsian sementara memanfaatkan tempat ibadah seperti musala. Dia mengatakan terus melakukan pemantauan terhadap sungai dan kemungkinan masuknya material ke perkampungan.

Untuk diketahui Sungai Kalijompo adalah anak dari Sungai Bedadung. Sungai ini menjadi tempat aktivitas banyak masyarakat di beberapa kecamatan yang dilaluinya.

Kontributor : Ahmad Su'udi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS