PWNU Jatim: Gus Sholah Sakit Jantung, Sudah Pasang 6 Ring

Pebriansyah Ariefana
PWNU Jatim: Gus Sholah Sakit Jantung, Sudah Pasang 6 Ring
Gus Sholah (Antara)

Sosok pejuang kemanusiaan.

SuaraJatim.id - Ucapan belasungkawa juga disampaikan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur atas wafatnya Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Wakil Ketua PWNU Jatim, Abdussalam Sokhib sapaan akrabnya Gus Salam mengungkapkan jika pihaknya sudah menerima kabar duka wafatnya adik Presiden ke-4 Republik Indonesia ini langsung dari putranya Irfam Wahid atau Gus Ipang.

Gus Salam menyebut jika, Gus Sholah memang sudah sering keluar masuk rumah sakit untuk berobat. Pengasuh Ponpes Tebuireng itu kata dia tengah menderita sakit jantung.

"Setengah bulan yang lalu masuk rumah sakit selama satu minggu. Sempat pulang selama tiga hari terus berangkat lagi ke rumah sakit. Beliau memang sakit jantung, kalau nggak salah sudah pasang ring 6," kata Gus Salam, saat dihubungi kontributor Suara.com, Minggu (2/2/2020).

Gus Salam menambahkan jika jenazah Gus Sholah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Jombang. Nantinya akan dimakamkan satu komplek dengan almarhum Gus Dur (KH. Abdurrahman Wahid).

"Insya Allah besok disemayamkan dulu di rumah duka di Jalan Kapten Tendean baru dimakamkan di Jombang satu komplek dengan Gus Dur," jelasnya.

Sosok penjuang kemanusiaan

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama A. Helmy Faishal Zaini mengatakan Gus Sholah merupakan pribadi yang gigih dalam memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan.

"Beliau adalah sosok yang memiliki kegigihan dalam memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan dan juga menjadi perekat nilai-nilai kebangsaan," kata dia.

Gus Sholah tutup usia pada usia 77 tahun, Minggu malam, setelah sebelumnya mengalami perawatan karena penyakit jantung. Atas kabar itu, Helmy mengatakan keluarga besar Nahdlatul Ulama berbela sungkawa atas berpulangnya adik Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid.

"Semoga husnulkhatimah dan diampuni segala kesalahannya," kata dia.

Menurut dia, Indonesia berduka kehilangan tokoh besar yang telah mendedikasikan pikiran dan tenaganya untuk kemajuan bangsa dan negara.

"Saya mengajak kepada masyarakat Indonesia, khususnya warga NU untuk meneladani kegigihan dan sikap-sikap arif yang dilakukan oleh beliau semasa hidup," katanya.

Helmy mengatakan gagasan-gagasan kebangsaan Gus Sholah senantiasa menjadi salah satu rujukan penting bagi masyarakat Indonesia untuk tetap bersemangat menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara yang bineka.

"Semoga kita bisa mengambil hikmah dan keteladanan dari almarhum," kata dia.

Duka dari Jokowi

Presiden Joko Widodo atua Jokowi berduka Salahuddin Wahid atau Gus Sholah meninggal dunia. Jokowi mendoakan Gus Sholah mendapatkan tempat yang baik di sisi Tuhan. Hal itu Jokowi sampaikan dalam akun Instagramnya, @Jokowi, Minggu (2/2/2020) malam. Dia juga memasang fotonya dengan Gus Sholah.

Berikut ucapan duka lengkap Jokowi:

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Baru saja mendengar kabar duka bahwa tokoh ulama, aktivis, dan politisi, Bapak Kiai Salahuddin Wahid telah berpulang ke Rahmatullah malam ini. Almarhum Gus Sholah adalah putra pahlawan nasional KH Wahid Hasyim, dan adik kandung Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid.

Atas nama keluarga, pemerintah, dan seluruh rakyat, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas kepulangan beliau.

Semoga segala amal ibadah dan pengabdian Gus Sholah semasa hidupnya mendapat ganjaran yang berlimpah dari Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan kesabaran. Amin Ya Rabbal Alamin.

Kontributor : Arry Saputra

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS