Bikin Takut Warga, Buaya yang Muncul di Sungai Brantas Akhirnya Ditangkap

Agung Sandy Lesmana
Bikin Takut Warga, Buaya yang Muncul di Sungai Brantas Akhirnya Ditangkap
Petugas BPBD Kota Kediri bersama Reprtile Rescue Kediri mengamankan seekor buaya muara di Sungai Brantas, Sabtu (15/2/2020). (Dokumentasi BPBD Kota Kediri/Istimewa.

"Saat diamankan (buaya muara-nya) dalam kondisi tidak terluka dan masih utuh, masih hidup...."

SuaraJatim.id - Seekor buaya muara yang menampakkan diri di Sungai Brantas, tepatnya di wilayah Kelurahan Ringinanom Kota Kediri berhasil ditangkap.

Kini buaya itu telah diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri, Adi Sutrisno, mengatakan buaya muara yang meresahkan warga Kota Kediri itu berhasil ditangkap sekitar pukul 09.30 WIB hari ini.

"Iya (seekor buaya muara) sudah (ditangkap) tadi jam 09.30 WIB," kata Adi kepada Suara.com, Sabtu (15/2/2020).

Adi menurunkan, tertangkapnya seekor buaya muara tersebut berkat bantuan komunitas Reprtile Rescue Kediri. Ketika BPBD Kota Kediri bersama Reprtile Rescue Kediri menyanggong lokasi, tetiba seekor buaya muara menampakkan diri.

Petugas BPBD Kota Kediri bersama Reprtile Rescue Kediri mengamankan seekor buaya muara di Sungai Brantas, Sabtu (15/2/2020). (Dokumentasi BPBD Kota Kediri/Istimewa).
Petugas BPBD Kota Kediri bersama Reprtile Rescue Kediri mengamankan seekor buaya muara di Sungai Brantas, Sabtu (15/2/2020). (Dokumentasi BPBD Kota Kediri/Istimewa).

"Ketika tadi kami menyanggong, buaya muncul langsung ditangkap dengan alat khusus yang dimiliki oleh Reprtile Rescue. Ya tadi menggunakan alat perangkap dan detektor reptil," paparnya.

Buaya muara yang berhasil diamankan BPBD Kota Kediri memiliki panjang satu meter, berdiameter 25 sentimeter dengan bobot empat kilogram. Saat ditangkap buaya tersebut tidak melawan petugas.

"Saat diamankan (buaya muara-nya) dalam kondisi tidak terluka dan masih utuh, masih hidup. Tadi ada tim dari BKSDA yang datang, (buayanya) langsung diserahkan ke BKSDA," kata dia.

Dia juga menduga jika buaya yang sempat menggegerkan warga itu berasal dari luar Kediri.

"Dugaannya lepas liar, yang pertama itu. Yang kedua (diduga hewan) migrasi katanya dari pihak Reprtile Rescue, katanya migrasi dari tempat lain," katanya.

Meski sudah berhasil ditangkap, teror buaya di Sungai Brantas Kediri belum berakhir. Sebab pihak BPBD Kota Kediri mendapati adanya buaya muara lain yang juga menampakkan diri di Ringinanom.

"Tadi ketika nangkap satu ini masih kelihatan tiga (buaya), itu kelihatan secara kasat mata. Ya yang diketahui empat, jangan-jangan masih banyak (buaya) yang lain," kata dia.

Seperti diketahui, warga Kota Kediri dikejutkan dengan penampakan buaya muara di Sungai Brantas, tepatnya di Kelurahan Ringinanom, Kecamatan Kediri, Kota Kediri. Buaya tersebut menampakkan diri sejak akhir Januari 2020 lalu.

Kontributor : Usman Hadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS