Sampah Berserakan usai Temu Lurah se-Jatim, Klarifikasi Dinas Malah Dicibir

Dany Garjito | Husna Rahmayunita
Sampah Berserakan usai Temu Lurah se-Jatim, Klarifikasi Dinas Malah Dicibir
Sampah berserakan usai pertemuan lurah se-Jatim di Surabaya (Twitter/araseoyo)

"Bukan masalah jadi kinclongnya maliiiiiih," kata warganet.

SuaraJatim.id - Foto sampah berserakan di Jatim Expo International, Surabaya seusai pertemuan kepala desa se-Jawa Timur belum lama ini menjadi perbicangan di media sosial

Tak lama setelah viral, akun Twitter Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, @dpmdjatim memberikan klarifikasi terkait kejadian itu.

Akun tersebut membagikan foto kondisi di dalam dan sekitar gedung lokasi pertemuan, sebelum dan sesudah dibersihkan. Tampak, ada perbedaan signifikan dalam foto-foto tersebut.

Dalam narasi unggahannya, @dpmdjatim pun mengklaim bahwa kondisi yang terlihat kotor karena sampah berserakan tak berselang lama kembali kinclong karena langsung dibersihkan.

"Terkait dengan banyaknya pemberitaan mengenai sampah pasca event di jatim expo, mimin ingin memberi klarifikasi bahwa foto yang beredar diambil saat acara berlangsung dan segera setelah acara selesai, jx expo langsung kinclong kok, mari jadi netijen cerdas dan pemaaf ," tulisnya, seperti dikutip Suara.com, Sabtu (29/2/2020).

Klarifikasi foto sampah berserakan. (Twitter/@dpmdjatim)
Klarifikasi foto sampah berserakan. (Twitter/@dpmdjatim)

Namun, klarifikasi tersebut justru dibanjiri sindiran dari warganet. Tak sedikit dari mereka mengaku, tak mempersalahkan kotornya kondisi gedung, melainkan sikap peserta event Jx Expo yang enggan membuang sampah pada tempatnya.

"Kalau cerdas sih gak buang sampah sembarangan gitu," kata @sanjayeah.

"Bukan masalah jadi kinclongnya maliiiiiih, tapi apa nggak bisa buang sampah pada tempatnya atau kumpulin gitu. Ih sebel banget gue. Jadi pejabat yang pinteran dikit napa," timpal @heshavv.

Foto Sampah Berserakan Viral

Sebelumnya, f oto sampah yang berserakan di Jatim Expo International, Surabaya beredar di media sosial, Foto-foto tersebut diunggah oleh akun Twitter @araseoyo.

Dalam foto yang beredar luas di media sosial itu tampak tumpukan sampah berserakan memenuhi bagian depan gedung.

Sampah yang didominasi oleh plastik botol air mineral dan kotak nasi itu tampak sangat berantakan. Di sekitar tumpukan sampah yang berserakan, terlihat beberapa orang berseragam coklat PNS berseliweran.

Sampah berserakan usai pertemuan lurah se-Jatim di Surabaya (Twitter/araseoyo)
Sampah berserakan usai pertemuan lurah se-Jatim di Surabaya (Twitter/araseoyo)

Namun, mereka tampak acuh dengan kondisi sampah yang berserakan. Mereka tampak berbincang dengan rekan PNS lainnya, ada pula yang sedang berjalan, tak menghiraukan kondisi sekitar yang kacau akibat sampah.

Akun tersebut juga mengunggah sebuah video yang menampilkan seorang petugas sedang berusaha membersihkan sampah-sampah itu. Ada petugas yang menyapu jalanan, ada pula yang memunguti sampah-sampah tersebut

Pemkot Surabaya 'Cuci Tangan'

Foto-foto penampakan sampah berserakan di Jatim Expo International itu mendadak viral di media sosial. Pihak Pemkot Surabaya berdalih acara tersebut bukanlah acara yang mereka gelar.

"Hai kak, FYI acara tersebut bukan acaranya Pemkot Surabaya ya kak. Terima kasih atas perhatiannya," kata Humas Kota Surabaya @banggasurabaya.

Pemkot Surabaya 'cuci tangan' soal sampah berserakan usai pertemuan lurah se-Jatim (Twitter)
Pemkot Surabaya 'cuci tangan' soal sampah berserakan usai pertemuan lurah se-Jatim (Twitter)

Sementara itu, pihak Pemprov Jawa Timur mengklaim pihaknya telah membersihkan tumpukan sampah yang berserakan tersebut. Usai acara pertemuan dihelat, para petugas kebersihan langsung membersihkan gedung tersebut.

"Saat ini kondisi Jatim Expo sudah bersih kembali. Setelah rapat hingga malam hari, tim dari @dpmjatim dibantu Satpol PP sudah membersihkan lokasi agar bebas dari sampah," tulis akun resmi Pemprov Jatim di Twitter.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS