Antisipasi Wabah Corona, PAUD Hingga SMP di Kediri Diliburkan 14 Hari

Chandra Iswinarno
Antisipasi Wabah Corona, PAUD Hingga SMP di Kediri Diliburkan 14 Hari
Ilustrasi siswa sekolah dasar dan guru (dok istimewa)

Meski begitu, belum ada surat resmi yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri.

SuaraJatim.id - Kegiatan belajar mengajar dari PAUD hingga SMP di Kota dan Kabupaten Kediri diliburkan selama dua pekan. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi penyeberangan covid-19 kepada para murid di sekolah-sekolah.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Nur Miftahul Fuad menjelaskan, kegiatan belajar mengajar efektif libur mulai tanggal 16 Maret hingga 29 Maret 2020. Kebijakan ini diputuskan Minggu (15/3/2020) sore.

"Iya, instruksi dari Bapak Kepala Dinas (Pendidikan Kabupaten Kediri) bahwa mulai besok sampai tanggal 29 (Maret 2020) mulai dari jenjang PAUD sampai SMP anak-anak belajar di rumah," kata Fuad pada Minggu (15/3/2020).

Meski begitu, belum ada surat resmi yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri. Adapun kebijakan untuk meliburkan para murid baru disampaikan secara lisan melalui WhatsAap Grup dan aplikasi percakapan lainnya.

Menurut Fuad, setelah ini Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri bersama stakeholder terkait akan merumuskan konsep belajar yang akan dijalani para murid saat berada di rumah. Konsepnya ditargetkan rampung Selasa besok.

"Nanti akan kita konsepkan seperti apa konsep belajar di rumahnya, nanti akan kita diskusikan dengan KS (Kepala Sekolah) dan teman-teman di Dinas (Pendidikan Kabupaten Kediri). Untuk Gurunya tetap masuk," paparnya.

"Jadi kita sampaikan ke sekolah-sekolah... Pertimbangannya kita dari edaran Mendikbud yang menyarankan untuk mengurangi kegiatan bersama, terutama di sekolah. Kemudian instruksi dari Presiden," imbuhnya.

Tak hanya Kabupaten Kediri, kebijakan meliburkan murid PAUD hingga SMP juga diambil Pemkot Kediri. Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Kediri, Ibnu Qoyim mengonfirmasi keputusan tersebut.

"Benar (murid PAUD/TK hingga SMP di Kota Kediri diliburkan)," kata Ibnu kepada Suara.com.

Kontributor : Usman Hadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS