Wabah Corona, Warga Kediri Jangan Silaturahmi ke Rumah Tetangga

Pebriansyah Ariefana
Wabah Corona, Warga Kediri Jangan Silaturahmi ke Rumah Tetangga
Update virus corona Covid-19 global (Dok. Pixabay/Congerdesign)

Warga diminta tak sholat Idul Fitri berjemaah di masjid atau tanah lapang.

SuaraJatim.id - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Kediri, Abu Bakar Abdul Jalil, mengimbau warga Kediri untuk melaksanakan sholat Idul Fitri pada 1 syawal 1441 hijriah di rumah masing-masing. Warga diminta tak sholat Idul Fitri berjemaah di masjid atau tanah lapang.

Imbauan ini merujuk kondisi pandemi virus corona atau Covid-19 di Kota Kediri yang belum menunjukkan penurunan kasus. Untuk meminimalisir potensi penularan, DMI Kota Kediri mengimbau agar masyarakat tak berkerumun sementara waktu.

"Sholat Idul Fitri di rumah saja. Ikuti panduan cara sholat Idul Fitri di rumah," ujar Abu Bakar Abdul Jalil atau yang akrab disapa Gus Ab kepada wartawan di Kota Kediri, Senin (18/5/2020).

"Sholat Idul Fitri itu hukumnya sunah. Bahkan tidak dilakukan pun tidak berdosa," lanjutnya.

Selain sholat Idul Fitri, Gus Ab juga mengimbau warga tak mengunjungi saudara dan kerabat saat idul fitri. Seperti diketahui, setiap lebaran biasanya antar warga saling bersilaturahmi satu dengan yang lain untuk bermaaf-maafan.

Tradisi ini memiliki nama berbeda-beda di setiap daerah, sementara di Kediri lebih dikenal dengan istilah 'sejarah' atau 'nglencer'. Pada dasarnya tradisi ini dilakukan dengan berziarah dengan maksud bersilaturahmi ke tetangga.

"Kalau datang langsung itu namanya ziarah. Ziarah dilakukan jika memungkinkan," tutur Gus Ab.

Namun mengingat kini masih masa pandemi, Gus Ab menyarankan tradisi ini disalurkan lewat media lain. Misalnya bersilaturahmi via online memanfaatkan gawai. Cara ini efektif untuk meminimalisir penularan Covid-19.

"Silaturahmi sekarang bisa via online. Ada media sosial, bisa WhatsAap, bisa telepon," pungkas Gus Ab.

Kontributor : Usman Hadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS