Ini Kondisi Terkini Wakil Wali Kota Surabaya yang Jalani Isolasi Mandiri

Chandra Iswinarno
Ini Kondisi Terkini Wakil Wali Kota Surabaya yang Jalani Isolasi Mandiri
Ketua Panpel Persebaya yang juga Wakil Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana. [Suara.com / Dimas ANGGA P]

Dalam video berdurasi 2 menit 26 detik tersebut, Whisnu menyatakan keadaan dirinya baik-baik saja. Meskipun saat ini dia harus isolasi mandiri.

SuaraJatim.id - Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat ini menjalani isolasi mandiri usai menemui 15 warga yang pulang dari karantina di hotel daerah Gubeng.

Whisnu kemudian mengirimkan video kepada awak media untuk menggambarkan kondisinya, pascabertemu dengan warga tersebut, yang belakangan diketahui lima dari 15 orang tersebut dinyatakan positif Virus Corona.

Dalam video berdurasi 2 menit 26 detik tersebut, Whisnu menyatakan keadaan dirinya baik-baik saja. Meskipun saat ini dia harus isolasi mandiri.

"Saya menyampaikan, kondisi saya hari ini sejak kemarin, Alhamdulillah sehat-sehat saja. Dan tadi pagi, saya juga melakukan tes Swab. Saya mohon doanya, saya berharap agar hasilnya bisa bagus dan saya segera melakukan aktivitas lagi," kata Whisnu seperti dikutip Kontributor Suara.com, Kamis (4/6/2020).

Selain itu, Whisnu juga mengajak warga Kota Surabaya untuk meningkatkan gotong royong untuk bersatu melawan Covid-19.

"Mari kita sama-sama bergotong royong melawan Pandemi Covid-19 ini dan selalu berdoa, agar bisa diangkat pandemi ini dari Kota Surabaya dan Bumi Indonesia yang kita cintai ini."

Dalam video tersebut, Whisnu juga mengklarifikasi pernyataannya yang menyayangkan kinerja Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya dalam menangani 15 warga yang dipulangkan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Surabaya. Whisnu mengemukakan, langkah yang dilakukan Pemkot saat ini sudah benar.

"Saya juga melihat, banyaknya berita kemarin. Saya ingin jelaskan di sini bahwa sebetulnya, apa yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya selama ini sudah benar dan ini dibuktikan seminggu sebelum Lebaran ada peningkatan yang cukup tinggi. Tetapi hari ini, saya melihat hasil, karena penambahan positif hari ini hanya 2 persen, sementara yang sembuh itu sudah mencapai 80 persen."

Meski dalam kondisi isolasi mandiri, Whisnu terlihat dirinya masih melihat kondisi dan keadaan di Surabaya.

"Hari ini sudah 540 orang, yang dinyatakan sembuh, dan ini membuktikan apa yang dilakukan kami selama ini, dari Pemerintah Kota Surabaya untuk warga Surabaya, saya semakin yakin kita bisa lepas dari Pandemi Covid 19 ini,"

Selain itu, Whisnu mengajak warga yakin jika permasalahan yang dihadapi Indonesia, khususnya Surabaya, segera selesai.

"Buat semua warga Surabaya, jangan pernah ragu, tetap semangat, tapi tetap berdoa, tapi juga tetap disiplin diri, keluar rumah tetap pakai masker, dan sering cuci tangan, mari kita lindungi diri kita dan keluarga kita, insyaallah dengan kegotongroyongan, kita bisa lalui Pandemi ini dengan cepat," katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya Whisnu mengunjungi 15 warga yang mulanya dinyatakan negatif corona dan ternyata diralat oleh Pihak Puskesmas Kedungdoro setelah kunjungan Whisnu Sakti. Kelima warga tersebut kembali dinyatakan positif.

“Iya ini saya akan melaporkan kepada Bu Wali. Kenapa Dinkes bisa kecolongan. Memulangkan warganya yang masih berstatus positif,” kata Whisnu Sakti saat dikonfirmasi via ponsel pada Rabu (3/6/2020).

Whisnu Sakti menyatakan laporan temuan di lapangan menyoal fasilitas pendampingan tenaga medis, maupun data yang diralat sudah disampaikan via telpon kepada Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Alumnus ITS Surabaya ini sekaligus meminta izin kepada Risma untuk menjalani karantina mandiri.

”Iya sekaligus (Meminta izin). Saya juga akan menyampaikan kepada Bu Wali agar berhati-hati dan menjaga kesehatan,” terang Whisnu Sakti.

Berikut pesan yang disampaikan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana melalui video;

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat siang salam sejahtera buat kita semua. Kepada seluruh Warga Surabaya semua yang kita cintai, terima kasih atas doa dan dukungannya selama ini. Saya menyampaikan kondisi saya hari ini sejak kemarin, Alhamdulillah sehat-sehat saja. Dan tadi pagi, saya juga melakukan tes swab dan saya mohon doanya. Saya berharap agar hasilnya bisa bagus dan saya segera melakukan aktivitas lagi.

Buat seluruh warga Surabaya,

Mari kita sama-sama bergotong royong melawan Pandemi Covid 19 ini dan selalu berdoa agar bisa diangkat pandemi ini dari Kota Surabaya dan Bumi Indonesia yang kita cintai ini.

Saya juga melihat, banyaknya berita kemarin, saya ingin jelaskan di sini bahwa sebetulnya, apa yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya selama ini sudah benar. Dan ini dibuktikan seminggu sebelum Lebaran, ada peningkatan yang cukup tinggi. Tetapi hari ini, saya melihat hasil, karena penambahan positif hari ini hanya dua persen, sementara yang sembuh itu sudah mencapai 80 persen.

Hari ini, sudah 540 orang yang dinyatakan sembuh dan ini membuktikan apa yang dilakukan kami selama ini. Dari Pemerintah Kota Surabaya untuk warga Surabaya. Saya semakin yakin, kita bisa lepas dari Pandemi Covid 19 ini.

Buat semua warga Surabaya, jangan pernah ragu, tetap semangat, tapi tetap berdoa, tapi juga tetap disiplin diri, Keluar rumah tetap pakai masker dan sering cuci tangan, mari kita lindungi diri kita dan keluarga kita, insyaAllah dengan kegotongroyongan, kita bisa lalui pandemi ini dengan cepat.

Tetap yakin, tetap semangat, Suroboyo selalu Wani. Salam dari saya, Whisnu Sakti Buana, Wakil Wali Kota Surabaya, Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Kontributor : Dimas Angga Perkasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS