Alasan Mengapa Kita Sering Menyentuh Wajah Secara Tidak Sadar

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Alasan Mengapa Kita Sering Menyentuh Wajah Secara Tidak Sadar
Ilustrasi Menyentuh Wajah. (Shutterstock)

Menyentuh wajah sebaiknya dihindari saat kita sedang berada di luar, karena berpotensi menularkan virus corona dari tangan yang kotor.

SuaraJatim.id - Selain imbauan mencuci tangan, kita juga disarankan untuk tidak menyentuh wajah, termasuk hidung dan mulut, saat berada di luar rumah. Tujuannya, untuk mencegah penularan virus corona dari tangan yang kotor.

Tapi masalahnya, menyentuh wajah merupakan gerakan refleks yang sering tidak kita sadari. Hal ini bahkan kita lakukan berkali-kali setiap harinya.

Kenapa bisa begitu? Dan kenapa sangat sulit untuk menjauhkan tangan dari wajah? Kemudian, bagaimana kita bisa benar-benar berhenti melakukan hal tersebut? Berikut penjelasannya, seperti yang dilansir dari Pinkvilla.

1. Respon alami dan bahasa tubuh kita

Terkadang, kita menutupi wajah dengan tangan ketika kita sedang merasa bosan, bahkan tanpa menyadarinya. Hal ini terjadi karena kita terhubung untuk mengekspresikan pikiran dan emosi melalui gerakan dan bahasa tubuh.

Ya, kita menggunakan tangan untuk mengekspresikan emosi. Dengan bantuan bahasa tubuh, kita dapat secara efektif memberi tahu orang lain bagaimana perasaan kita. Sesuai penelitian, selama berkegiatan normal, kita bisa menyentuh wajah hingga 23 kali per jam.

2. Refleks terhadap stres

Ketika kita stres, itu memicu tubuh untuk mendapatkan kenyamanan. Ini diekspresikan melalui sistem saraf parasimpatis. Menyentuh bagian tertentu dari wajah dapat mengaktifkan saraf simpatis, sehingga kita mulai menyentuh wajah secara refleks ketika stres.

3. Bagaimana mengubah kebiasaan menyentuh wajah?

Hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang membuat Anda menyentuh wajah. Setelah tahu, Anda mungkin akan menjadi lebih berhati-hati dan sadar saat menyentuh wajah terus-menerus.

Setiap kali merasa stres atau cemas, gunakan bola untuk membuatmu terdistraksi perasaan ini.

Atau bisa juga dengan menyemprotkan parfum atau lotion wangi di tangan, sehingga Anda akan selalu ingat begitu mendekatkan tangan ke wajah.

Seperti yang disebutkan di atas, stres adalah salah satu alasan mengapa Anda sering menyentuh wadah. Untuk memghindari stres, cobalah bantuan meditasi, yoga, atau latihan pernapasan. Beristirahatlah jika Anda memang terlalu stres.

Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, pastikan tangan selalu bersih, ya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS