Kabar Gembira! Setengah dari Pasien Virus Corona di Kota Kediri Sembuh

Pebriansyah Ariefana
Kabar Gembira! Setengah dari Pasien Virus Corona di Kota Kediri Sembuh
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Shvet)

Kesepuluh pasien itu sebelumnya menjalani perawatan intensif di RSUD Gambiran dan RS Kilisuci.

SuaraJatim.id - Tingkat kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 atau Corona di Kota Kediri meningkat. Jika sebelumnya tingkat kesembuhan di Kota Kediri hanya 33 persen, maka kini telah meningkat tajam menjadi 54 persen.

Melonjaknya tingkat kesembuhan ini berkat sembuhnya sepuluh pasien Covid-19 pada Kamis (25/6/2020) kemarin. Kesepuluh pasien itu sebelumnya menjalani perawatan intensif di RSUD Gambiran dan RS Kilisuci.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri, Fauzan Adima, membenarkan sembuhnya sepuluh pasien Covid-19, Kamis kemarin. Kesepuluh pasien itu tersebar di beberapa wilayah di Kota Kediri.

"Kesepuluh (pasien Covid-19 yang sembuh) itu dari Tempurejo ada, dari Bawang (Kecamatan Pesantren) ada. Dan dari Pojok (Kecamatan Mojoroto) juga ada," kata Fauzan kepada Suarajatim.id, Jumat (26/6/2020).

Berdasarkan catatan Gugus Tugas, per hari ini ada 59 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Kediri. Sementara total pasien sembuh berjumlah 32 orang. Artinya kini tinggal 27 kasus positif Covid-19 yang ada di Kota Tahu.

"Ya alhamdulillah dengan bertambahnya sepuluh yang sembuh kemarin, berarti kan tingkat kesembuhan di Kota Kediri meningkat, yang kemarin kita rilis 33 persen sekarang sudah mencapai 54 persen," papar Fauzan.

Menurut Fauzan, tidak ada penanganan berbeda yang diberikan terhadap pasien Covid-19 di Kota Kediri. Hanya saja, petugas medis di Kota Kediri lebih mengedepankan pendampingan psikis ke seluruh pasien.

"Selama diisolasi kita membuat mereka itu nyaman, terus tidak sampai stres. Makanya setiap pagi itu mereka kita ajak senam, berjemur. Kemudian kalau di RS Gambiran mereka didampingi psikolog," ujarnya.

"Nah, ini pola-pola khusus yang harapannya bisa mempercepat tingkat kesembuhan mereka selain obat-obatan medis. Karena ini kan penyakit virus. Kalau virus tentu daya tahan tubuh yang utama," sambung Fauzan.

Melonjaknya tingkat kesembuhan pasien Covid-19 ini tentu saja menjadi angin segar buat warga Kota Kediri. Apalagi belakangan juga tidak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 secara signifikan.

"Penambahan kemarin ada dua, itu pun kasus lama (yang swabnya keluar kemarin). Mudah-mudahan nanti seminggu ini tidak ada penambahan lagi. Dan dari kurva atau grafik kasus di Kota Kediri sudah mulai landai," sebutnya.

Kendati tingkat kesembuhan pasien telah meningkat, namun Kota Kediri masih masuk zona kuning penyebaran Covid-19. Kini Pemkot Kediri masih menunggu evaluasi dari pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"BNPB mengevaluasi tiap Sabtu, itu nanti akan dilihat indikatornya mulai Senin sampai Sabtu. Penambahan kasusnya berapa, tingkat kesembuhannya berapa, pola penyebarannya bagaimana. Itu dievaluasi," tutupnya.

Kontributor : Usman Hadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS