facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Baru Sembuh dari Covid, Pasien Selonong Pulang ke Rumah Buat Geger Keluarga

Chandra Iswinarno Sabtu, 04 Juli 2020 | 16:03 WIB

Baru Sembuh dari Covid, Pasien Selonong Pulang ke Rumah Buat Geger Keluarga
RSUD Kabupaten Kediri. [Beritajatim]

Direktur Utama RSKK dr Ibnu Gunawan mengatakan pasien O pulang dari RS tanpa berkoordinasi dengan tenaga medis.

SuaraJatim.id - Seorang pasien positif Virus Corona atau Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh nekat pulang dari Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kediri (RSKK) ke rumahnya menggunakan angkutan becak motor.

Pasien yang diketahui berinisial O (70), telah menjalani perawatan selama dua bulan di RSKK setelah dinyatakan positif Covid-19. Setelah menjalani perawatan intensif, O yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) dinyatakan sembuh karena hasil tes swab-nya didapatnya pada Rabu (1/7/2020) negatif.

Kabar tersebut pun sampai ke telinga O. Lantaran itu, yang bersangkutan senang bukan kepalang dan tak sabar untuk pulang ke rumahnya di Desa Paron, Kecamatan Ngasem.

"Di rumah sakit itu keadaan bapak sudah swab dua kali negatif, diizinkan pulang sama dokter. Terus saya, pagi atau siang menelepon desa kalau bapak sudah sembuh," kata anak O, SW kepada SuaraJatim.id pada Sabtu (4/7/2020).

Baca Juga: Dokter RSPAD: Pasien Sembuh COVID-19 Bisa Kembali Tertular Virus Corona

Persiapan untuk menyambut kepulangan O dari rumah sakit pun menjadi pembahasan di tingkat aparat desa dengan pihak kecamatan. Koordinasi dilakukan lantaran di rumah O, lantaran sang anak ternyata positif Covid-19.

"Kan keadaan di rumah itu saya sama adik masih positif. Terus, (pihak) desa itu koordinasi sama petugas (Kecamatan) Ngasem gimana caranya. Kan saya sama adik pisah rumah, satu di balai desa, satu di rumah. Saya yang di rumah," ujar SW.

Sebelum ada keputusan dari pihak desa, ternyata pasien O sudah terlanjur sampai di rumah. Namun yang bikin heran, O datang tanpa dihantar ambulans. Dia pulang seorang diri menumpak becak motor yang disewanya, tanpa menjalankan standar operasional prosedur.

"Terus bapak habis magrib (Rabu kemarin) datang di rumah, kok adik nggak (ada), (ternyata) di Balai Desa. Terus akhirnya marah-marah, semuanya dilampiaskan. Sekarang di rumah semua ini, sama bapak nggak boleh di luar," tutur SW.

Namun SW mengaku ada kejanggalan saat sang ayah kembali pulang. Sebab ayahnya pulang ke rumah tanpa membawa surat dari rumah sakit, termasuk tanpa membawa surat keterangan berstatus negatif Covid-19 dari rumah sakit.

Baca Juga: Layanan Rumah Sakit Diklaim Penyebab Tren Pasien Sembuh COVID-19 Naik

"Bapak (pulang) keluar uang sendiri, ya (naik) becak motor. Bapak sampai rumah sekitar jam 18.30 WIB," ungkap SW.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait