Masker Harus Pas di Wajah Agar Memberi Proteksi Maksimal

Vania Rossa
Masker Harus Pas di Wajah Agar Memberi Proteksi Maksimal
Ilustrasi memakai masker. (Shutterstock)

Masker yang terlalu longgar atau terlalu sempit tidak akan memberi proteksi maksimal terhadap virus corona.

SuaraJatim.id - Pernah melihat orang memakai masker namun bagian hidungnya tidak tertutupi? Atau, maskernya kerap melorot ketika ia berbicara? Itu salah satu contoh pemakaian masker yang salah, akibat masker terlalu longgar. Masker, sebagai proteksi paling penting di saat pandemi ini, harus pas di wajah. Artinya, masker tidak boleh terlalu longgar ataupun terlalu sempit. 

Memakai masker telah menjadi keharusan di tengah pandemi Covid-19 ini. Tapi, penggunaan masker yang tidak pas akan percuma dan malah bisa menempatkan diri Anda rentan terpapar virus corona. Jadi, pastikan masker melekat erat dan tak mudah tergeser saat dikenakan.

"Pas adalah kuncinya. Seharusnya tidak terlalu ketat sehingga menghambat kemampuan Anda bernapas, tetapi juga harus pas di wajah sehingga tak bergeser," kata Kendra McMillan dari American Nurses Association di Silver Spring, Maryland, Amerika Serikat seperti dilansir dari Livestrong.

"Pastikan hidung, mulut, dan dagu tertutup saat mengenakan masker," tutur McMillan.

Selain pas, sebaiknya jangan sering menyentuh dan melepas pasang masker. Ingatlah, memakai masker dimaksudkan untuk mencegah penyebaran infeksi ke orang lain.

Jika Anda sering melepas pasang masker, lalu batuk atau mulai berbicara, Anda bisa berpotensi menyebarkan virus.

Menyentuh bagian depan masker juga dilarang. Jika permukaan luar terkena partikel virus dan Anda menyentuh masker dan kemudian wajah, Anda berpotensi menulari diri sendiri.

Kesalahan lain yang kerap dilakukan adalah tidak mencuci tangan sebelum menyentuh lalu mengenakan masker, serta mencuci masker kain Anda.

"Apakah Anda akan memakai pakaian dalam yang sama berulang-ulang? Hal yang sama berlaku untuk masker kain. Idealnya, masker (dan pakaian dalam) harus dicuci setelah digunakan," ujar asisten profesor di departemen patologi Johns Hopkins University di Baltimore, Kate Grabowski.

Jadi, pastikan masker harus pas, dan jangan ragu mengganti masker jika Anda tidak nyaman mengenakannya. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS