Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wow! Lima Kedahsyatan Manfaat Terong, yang Ingin Cantik Cek Nomor 5

Muhammad Taufiq Selasa, 22 September 2020 | 10:04 WIB

Wow! Lima Kedahsyatan Manfaat Terong, yang Ingin Cantik Cek Nomor 5
Ilustrasi terong dipotong. (Shutterstock)

Terong ternyata memiliki manfaat banyak sekali bagi kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan jantung sampai membuat kulit bersinar alami.

SuaraJatim.id - Tidak banyak orang tahu ragam manfaat sayur terong. Banyak yang suka, banyak pula yang tidak. Nah, buat yang tidak suka sebaiknya mulai berpikir ulang.

Ada beberapa jenis terong yang bisa ditemui di Indonesia, antara lain terong hijau dan terong bulat. Terong bulat biasanya sering dihidangkan sebagai pelengkap sayur lalapan. Namun, apa pun jenis terong yang Anda sukai, khasiatnya bagi kesehatan tetap baik dan tak boleh terlewat.

Disarikan dari hellosehat.com, terong ternyata memiliki manfaat banyak sekali bagi kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan jantung sampai membuat kulit bersinar alami.

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien membuat manfaat terong begitu besar bagi kesehatan jantung Anda. Selain itu, flavonoid atau pigmen larut air pada terong juga bisa mencegah berbagai jenis penyakit jantung.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada 2012, salah satu jenis flavonoid yang ampuh untuk melindungi jantung adalah antosianin. Zat pigmen ini juga bisa menurunkan tekanan darah darah Anda.

Jadi, Anda berisiko terkena penyakit jantung atau hipertensi harus mulai makan terong yang kaya akan antosianin.

2. Mengendalikan kadar kolesterol

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli di Brasil menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi terong bisa membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol. Pasalnya, tim peneliti di Departemen Pertanian Amerika Serikat menemukan bahwa terong kaya akan senyawa asam klorogenat.

Senyawa ini terbukti mampu menurunkan berat badan serta kadar kolesterol jahat atau LDL (lipoprotein densitas rendah) dalam tubuh. Terong sendiri tidak mengandung kolesterol sama sekali sehingga aman dikonsumsi orang yang perlu menjaga keseimbangan kadar kolesterolnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait