Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Bahan Alami untuk Samarkan Masalah Ketiak Hitam

Risna Halidi | Luthfi Khairul Fikri Jum'at, 25 September 2020 | 11:52 WIB

5 Bahan Alami untuk Samarkan Masalah Ketiak Hitam
Ilustrasi ketiak. (Shutterstock)

Bahan alami ini mudah ditemukan di sekitar rumah dan bisa digunakan untuk mengatasi ketiak hitam tanpa efek samping.

SuaraJatim.id - Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh sensitif yang mudah menghitam. Tetapi tak usah khawatir, ada bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar rumah dan bisa digunakan untuk mengatasi ketiak hitam tanpa efek samping.

Dilansir dari BoldSky, berikut lima cara untuk mencerahkan warna ketiak tanpa bahan kimia.

1. Jus tomat

Ilustrasi jus tomat. (Pixabay/rawpixel)
Ilustrasi jus tomat. (Pixabay/rawpixel)

Oleskan jus tomat ke seluruh ketiak. Biarkan selama 10 menit. Bilas hingga bersih dan keringkan. Gunakan dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil terbaik. Mengapa ini berhasil? sebagai bahan pemutih alami yang hebat untuk kulit, tomat juga memiliki khasiat astringen yang membantu mengecilkan pori-pori dan mengontrol keringat berlebih di ketiak.

2. Lemon dan kunyit

Ilustrasi jus lemon. (Shutterstock)
Ilustrasi jus lemon. (Shutterstock)

Siapkan mangkuk, dua sendok makan, jus lemon segar dan bubuk kunyit sesuai kebutuhan. Campurkan semuanya dan oleskan ke ketiak sambil biarkan 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih dan keringkan. Gunakan dua sampai tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.

Mengapa ini berhasil? karena lemon kaya akan asam sitrat yang merupakan salah satu bahan pemutih alami terbaik. Dengan demikian, ini membantu mencerahkan ketiak yang gelap. Vitamin C yang terkandung dalam lemon juga membantu menghambat produksi melanin yang mencegah hiperpigmentasi. Sementara kunyit mengandung kurkumin, antioksidan kuat, yang membantu menyembuhkan kulit dan mencerahkan warna kulit untuk mengurangi warna ketiak yang semakin gelap.

3. Gula pasir dan madu

Ilustrasi gula pasir. (Shutterstock)
Ilustrasi gula pasir. (Shutterstock)

Persiapkan satu sendok makan gula pasir dan satu sendok makan madu mentah. Metode penggunaannya, campurkan kedua bahan untuk mendapatkan pasta yang kasar. Ambil campuran ini dalam jumlah banyak dan gosokkan pada ketiak Anda dengan gerakan melingkar. Bilas bersih dengan air hangat. Gunakan obat ini satu sampai tiga kali seminggu untuk hasil yang diinginkan.

Mengapa ini berhasil? gula dengan teksturnya yang kasar merupakan pengelupas yang bagus untuk kulit sehingga bisa membuat putih ketiak dan membantu mencabut rambut yang tumbuh ke dalam. Sementara, madu memiliki sifat emolien dan penyembuhan yang membantu meredakan iritasi yang disebabkan oleh pengelupasan kulit dan mengunci kelembapan di kulit sehingga membuat kulit lembut dan kenyal.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait