Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ada Isu Tsunami Besar di Selatan Jawa, Ini yang Dilakukan Bupati Lumajang

Chandra Iswinarno Senin, 28 September 2020 | 02:05 WIB

Ada Isu Tsunami Besar di Selatan Jawa, Ini yang Dilakukan Bupati Lumajang
Bupati Lumajang Thoriqul Haq (kiri). [Lumajangkab.go.id]

Dia juga melakukan identifikasi secara detail terhadap daerah daerah yang berpotensi terdampak bencana tsunami.

SuaraJatim.id - Pemberitaan mengenai prediksi bakal terjadinya tsunami besar di kawasan selatan Pulau Jawa ternyata mendapat respons serius dari Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Dia bahkan langsung memerintahkan jajaranya untuk mengidentifikasi potensi tersebut, karena daerah selatan Kabupaten Lumajang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia.

Tak hanya itu, dia juga melakukan identifikasi secara detail terhadap daerah daerah yang berpotensi terdampak bencana tsunami.

"Kami akan mengidentifikasi detail lagi terkait desa desa yang kemungkinan akan terdampak dari adanya potensi gempa itu atau adanya potensi tsunami," ujar Cak Thoriq, sapaan Thoriqul Haq, seperti dilansir Timesindonesia.co.id-jaringan Suara.com pada Minggu (27/9/2020).

Cak Thoriq juga menginstruksikan jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melakukan pemetaan potensi bencana.

"Wilayah Kabupaten Lumajang bagian selatan memang berbatasan langsung dengan Laut Selatan atau Samudera Indonesia, hal itu tentu menyebabkan wilayah selatan Kabupaten Lumajang memiliki potensi terdampak bencana Tsunami," jelas Bupati.

Bahkan dia menyampaikan, beberapa waktu lalu laut selatan Lumajang mengalami abrasi. Dampaknya ada beberapa kawasan yang mengalami kerusakan.

Di antaranya Pantai Tempursari yang mengakibatkan warga di dua desa tersebut harus mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman.

"Seperti yang di Tempursari, kami telah melakukan koordinasi dengan BPN Provinsi terkait relokasi tempat tinggal warga," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait