alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Beda Nasib, Arema Lolos AFC Club Licensing Cycle 2020 Tapi Persebaya Tidak

Muhammad Taufiq Senin, 23 November 2020 | 18:19 WIB

Beda Nasib, Arema Lolos AFC Club Licensing Cycle 2020 Tapi Persebaya Tidak
Wonderkid Persebaya Surabaya, Supriadi. (Dok. Persebaya).

Sekretaris Persebaya Surahman mengatakan penyebabnya karena banyak kriteria penilaian yang belum siap dipenuhi manajemen klub.

SuaraJatim.id - Dua klub besar Jawa Timur, Persebaya dan Arema FC, sama-sama mengajukan AFC Club Licensing Cycle 2020. Tapi nasib keduanya berbeda.

Arema dinyatakan lolos, sementara Persebaya Surabaya tidak. AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola kawasan.

Dikutip dari timesindonesia.co.id, jejaring suara.com, Sekertaris Persebaya Surabaya Ram Surahman menyampaikan alasan utama kenapa klubnya tidak lolos AFC Club Licensing Cycle 2020.

Menurut Surahman, penyebabnya karena banyak kriteria penilaian yang belum siap dipenuhi. Salah satunya adalah audit finansial dan kandang Persebaya, Stadion Gelora Bung Tomo yang sedang direnovasi.

Baca Juga: Hanif Sjahbandi Resmi Menikah, Warganet Terkejut

Sedangkan, penilaian yang dilakukan AFC memiliki lima kriteria yang meliputi sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance.

"Pemenuhannya standar AFC semua, jadi gak bisa dalam waktu dekat, kendala kita di situ. Meski tidak lolos kami tidak keberatan," kata Ram Surahman dilansir dari Bola.com di Jakarta, Senin (23/11/2020).

"Karena waktu pendek, gak mungkin kami audit finansial, audit itu harus real, di Persebaya kami gak bisa sulapan," imbuhnya.

Kemudian, dia juga mengungkit terkait proses renovasi stadion yang belum bisa dijadikan rujukan penilaian AFC Club Licensing Cycle 2020. Namun, kesiapan dan finishing jadwal renovasi masih lama.

"GBT sedang di renovasi, kami coba Gelora Delta, tapi dari PSSI menyampaikan, di sana tidak masuk kriteria. Kami memaklumi tidak lolos tapi kita tetap semangat," kata Sekertaris Persebaya Surabaya, Ram Surahman.

Baca Juga: Arema FC Buktikan Profesionalitasnya usai Lolos Lisensi AFC 2020

Sebelumnya, Arema FC sudah dipastikan menjadi salah satu klub yang lolos dari proses club licensing yang dihelat AFC. Selain Arema, klub-klub Indonesia yang juga lolos adalah: Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Persib Bandung.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait