alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bukan Horor, Ada Bus Tanpa Sopir di Jepang yang Layani Penumpang

Vania Rossa | Luthfi Khairul Fikri Selasa, 01 Desember 2020 | 17:16 WIB

Bukan Horor, Ada Bus Tanpa Sopir di Jepang yang Layani Penumpang
Ilustrasi Bus. (Pixabay/Free-photos)

Bus tanpa sopir merupakan sebuah layanan untuk meningkatkan wisata di Jepang.

SuaraJatim.id - Jepang memang selalu menjadi yang terdepan dalam hal inovasi. Kali ini, negara ini berinovasi dengan bus tanpa sopir yang akan mengangkut para wisatawan saat jalan-jalan menikmati kota. Bus tanpa sopir ini sudah mulai lalu lalang di kawasan Sakai, Prefektur Ibaraki, Jepang, beberapa hari lalu, dan merupakan yang pertama kalinya bus tanpa sopir beroperasi di kota tersebut.

Seperti dilansir The Japan News, bus tanpa sopir itu merupakan bus buatan Prancis yang punya kapasitas mengangkut 11 penumpang. Tarif bus tersebut saat ini masih gratis. Manajemen pengoperasian bus ini juga dipegang anak perusahaan raksasa telekomunikasi SoftBank Corp

Bus tersebut dijalankan lewat proses pemrograman dengan kecepatan 18 kilometer per jam untuk satu kali perjalanan sejauh lima kilometer di pusat Kota Sakai, Jepang.

Bus tanpa sopir di Jepang. .(The Yomiuri Shimbun)
Bus tanpa sopir di Jepang. .(The Yomiuri Shimbun)

Selain itu, bus tanpa sopir tersebut dilengkapi dengan sensor sehingga bisa secara otomatis menghindari hambatan yang dideteksi oleh sensor-sensor yang ditanam di kendaraan tersebut.

Baca Juga: PT MAB Akan Produksi Mobil Listrik Buatan Anak Bangsa

Agar keamanan dan kenyamanan penumpang tetap terjaga, seorang sopir dan aparat keamanan yang bertugas akan mengecek suara bus sebelum kendaraan umum tersebut diberangkatkan dari terminal bus atau ketika melewati macetnya lalu lintas.

Dalam sehari, bus tersebut akan melakukan total empat kali perjalanan. Operasionalnya terhitung sejak mulai Kamis, 26 November 2020.

“Ini seperti kendaraan masa depan,” ujar Walikota Sakai, Masahiro Hashimoto, dalam pernyataannya pada seremoni keberangkatan bus tanpa pengemudi tersebut.

Dia berharap ini menjadi buah bibir di masyarakat kota dan dunia, serta bisa menjadi solusi terbaik untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat yang ingin keliling wisata kota di Jepang.

Baca Juga: Beroperasi di Medan, Bus Transmetro Deli Dilengkapi Fitur Canggih

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait