alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksin Sinovac Tiba, 4.240 Nakes di Blitar Raya Segera Jalani Vaksinasi

Muhammad Taufiq Selasa, 26 Januari 2021 | 21:38 WIB

Vaksin Sinovac Tiba, 4.240 Nakes di Blitar Raya Segera Jalani Vaksinasi
Vaksin Sinovac tiba di Blitar Jawa Timur [suara.com/Farian]

Sebanyak 4.240 Vaksin Sinovac tiba di Blitar pada Selasa (26/1/2021) sore. Dengan pengawalan ketat polisi, vaksin itu disimpan di dua lokasi berbeda.

SuaraJatim.id - Sebanyak 4.240 Vaksin Sinovac tiba di Blitar pada Selasa (26/1/2021) sore. Dengan pengawalan ketat polisi, vaksin itu disimpan di dua lokasi berbeda.

Sebanyak 3.000 vial disimpan di ruang Instalasi Farmasi milik Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar. Sedangkan 1.240 lainnya disimpan di gung penyimpanan milik Dinas Kesehatan Kota Blitar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, dr. Muhammad Muchlis mengatakan, penyimpanan dilakukan dengan cara mempertahankan rantai dingin atau cold chain vial vaksin. 1.240 vial Sinovac itu akan disuntikkan ke tenaga kesehatan bersamaan dengan nakes di wilayah Kabupaten Blitar.

"Kita masih rembugan dulu dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar ya. Jadi nanti Blitar Raya akan dilaksanakan vaksin ke tenaga kesehatan bersamaan," tutur Muchlis.

Baca Juga: Jadi Pemenang Pilbup Blitar, Mak Rini Ajak Masyarakat Bersatu

Jumlah vaksin yang tiba masih belum seluruhnya. Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Blitar, Didik Jumianto mengungkapkan pelaksanaan vaksin akan mulai dilakukan pada Sabtu (30/1/2021) lusa.

Vaksinasi akan dibuka secara seremonial dengan menyuntik 10 pejabat Forkopimda di Kota Blitar. 10 pejabat yang dimaksud diantaranya Kapolres Blitar Kota, Dandim 0808/Blitar, hingga Ketua MUI. Mereka sudah didaftarkan ke Provinsi Jawa Timur.

Setelah 10 sasaran prioritas selesai, vaksinasi baru dilakukan secara massal ke 2.345 tenaga kesehatan di Kota Blitar. Lokasi vaksinasi akan ditempatkan di 11 fasilitas kesehatan (faskes) meliputi 3 Puskesmas, dan sejumlah rumah sakit baik negeri dan swasta.

"Nanti sebelum habis (vaksin) jumlahnya, kita akan langsung minta lagi ke provinsi," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) tersebut.

Didik menambahkan jumlah vaksinator di Kota Blitar untuk proses vaksinasi ada 95 orang. Kini, 1.240 vial vaksin yang tiba di Kota Blitar disimpan di 10 lemari pendingin di Kantor Dinas Kesehatan Kota Blitar.

Baca Juga: Viral Harimau Loreng Muncul di Lereng Gunung Wilis, Ini Penjelasan BKSDA

Vial vaksin Sinovac yang disimpan juga dijaga oleh polisi. Satu regu disiapkan Polres Blitar Kota, bersiaga di lokasi penyimpanan vaksin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait