alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Bahan Pedas Ini Cocok Jadi Pengganti Cabai yang Lagi Mahal Banget

Muhammad Taufiq Jum'at, 05 Maret 2021 | 09:53 WIB

7 Bahan Pedas Ini Cocok Jadi Pengganti Cabai yang Lagi Mahal Banget
Pedagang cabai merapikan cabai di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (30/01).[Suara.com/Alfian Winanto]

Di Jawa Timur sendiri harga cabai tembus Rp 100 ribu per kilogramnya.

SuaraJatim.id - Saat ini harga cabai sedang mahal-mahalnya. Satu kilogram cabai rawit misalnya, di sejumlah daerah harganya setara satu kilo harga daging sapi murni. Bahkan di daerah lain bisa lebih mahal lagi.

Di Jawa Timur sendiri harga cabai tembus Rp 100 ribu per kilogramnya. Sementara di daerah lain di Indonesia, bahkan harganya ada yang mencapai Rp 120 ribu per kilogramnya.

Cabai menjadi salah satu bahan penting mengolah makanan bagi masyarakat Indonesia. Rasa pedasnya yang khas cocok sebagai bumbu pelengkap makanan.

Namun tahukah Anda, selain cabai sebenarnya ada banyak bahan pokok yang juga memiliki rasa pedas. Bahan-bahan ini cocok untuk pengganti cabai sebagai bumbu masakan.

Baca Juga: Harga Cabai di Kota Samarinda Tembus Rp 100 Ribu per Kilogram

SuaraJatim.id mengutip dari berbagai sumber jenis bahan-bahan yang memiliki rasa pedas dan cocok sebagai bahan pengganti cabai. Berikut ini deretan daftarnya:

1. Jahe

Masyarakat Indonesia tentu sudah akrab dengan jahe. Rempah-rempah ini memiliki rasa pedas. Jahe biasa digunakan pelengkap bumbu masakan dan juga sebagai minuman penghangan badan. Jahe juga bisa digunakan sebagai bahan untuk meracik jamu tradisional.

Jahe memiliki aroma khas yang bisa menyegarkan hidung. Jahe mengandung komponen khas yang sangat baik untuk kesehatan, yaitu gingerol. Komponen inilah yang bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat yang bisa kalian dapatkan dari mengonsumsi jahe.

Rasa pedas jahe bisa jadi alternatif untuk meningkatkan volume rasa pedas bumbu masakan Anda. Namun, tentu saja harus berani mengubah resep masakan Anda agar jahe sesuai dengan cita rasa masakan yang Anda inginkan.

Baca Juga: Tembus Rp150 Ribu per Kilo, Petani Cabai Gunungkidul Tak Nikmati Untung

2. Lada Putih

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait